Mohon tunggu...
Vivian Tamara
Vivian Tamara Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Shampoo Anda bisa Sebabkan Kanker?

11 Mei 2016   18:37 Diperbarui: 11 Mei 2016   18:52 29 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Mungkin tidak banyak orang yang tahu shampoo yang saat ini ada banyak yang mengandung bahan kimia. Apa sih yang tidak menggunakan bahan kimia? Mulai dari kosmetik bahkan hingga makanan pun sudah mengandung bahan kimia. Bukan berarti bahan kimia itu selalu membahayakan loh. 

Bahan kimia biasanya digunakan sebagai alternatif yang memudahkan ketika bahan aslinya sulit dicari atau harganya yang mahal. Pada makanan bahan kimia biasanya digunakan sebagai pengawet, perasa, atau pengharum. Pada kosmetik pun demikian. 

Salah satu contohnya penggunaan bahan kimia pada shampoo. Ada banyak bahan kimia yang digunakan pada shampoo. Yang akan saya bahas adalah SLS

Sodium Laureth Sulfate atau SLS merupakan bahan kimia yang terdapat pada produk shampoo yang befungsi sebagai detergen yang menghasilkan busa dan juga sebagai pengental. SLS menjadi bahan utama pada kebanyakan produk shampoo. SLS sendiri diteliti dapat meyebabkan iritasi jika pemakaiannya banyak berlebihan dan terus menerus. Iritasi tersebut tergantung dari tingkat sensitifitas dari masing-masing pengguna. 

Pada shampoo, sifat detergen SLS mengangkat minyak pada kulit kepala. Setelah keramas orang akan merasa kulit kepala yang keset menandakan sudah bersih. Namun, apakah kamu tahu, SLS dapat mengangkat minyak pada kulit kepala secara berlebih dan ini menjadi awal timbulnya masalah pada rambut dan kulit kepala. Kulit kepala sendiri membutuhkan minyak, jadi ketika dibersihkan oleh SLS, kelenjar minyak memproduksi lebih banyak lagi minyak, sehingga ini yang membuat minyak berlebih pada kulit kepala alias lepek. Selain itu minyak yang istilahnya dikuras habis oleh SLS membuat kulit kepala menjadi kering sehingga kulit kepala lepas hingga gatal-gatal dan timbullah ketombe.

Baru-baru ini saya menemukan shampoo produk lokal Indonesia melalui aplikasi instagram. Shampoo Heavensping ini tidak menggunakan bahan SLS yang telah saya jelaskan di atas. Baru tahu, ternyata SLS bisa diganti dengan bahan alami loh, yaitu coconut oil. Langsung deh saya coba pesan 1 yang jenis volumizing atau anti lepek. Awal penggunaan memang terasa sedikit busa dibandingkan shampoo saya yang lama. Lama-lama kebiasaan pakainya juga. Selain itu aromanya juga khas banget. Saya anjurkan buat kamu yang peduli dengan kesehatanmu, terutama kulit kepala dan rambut  :) 

Ini link instagramnya: https://www.instagram.com/heavenspring_/

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan