Mohon tunggu...
Saverinus Kaka
Saverinus Kaka Mohon Tunggu... Saya adalah seorang Karyawan swasta yang sangat peduli dengan berbagai masalah sosial, politik, hukum dan bisnis.
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Penulis adalah seorang lulusan dari Universitas Pelita Harapan, Jakarta dengan Program Studi Magister Pendidikan (S-2), Konsentrasi pada Program Pengajaran Bahasa Inggris untuk Penutur Asing (Teaching of English for Speakers of Other Languages (TESOL)) pada tahun 2013. Menyelesaikan kuliah Strata satu (S-1) di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris pada tahun 1997. Setelah lulus, langsung mengajar di salah satu SMA swasta terkemuka di Jakarta. Pada tahun 2007-2013, menjabat sebagai Kepala sekolah di beberapa SMA swasta terkemuka di Jakarta. Tahun 2013-2015, Kepala Sekolah di sebuah Sekolah Internasional di Surabaya. Pada tahun 2016-2018, menjadi Manager HRD di sebuah Sekolah International di Jakarta. Saat ini menjadi Wakil Rektor di sebuah Universitas Swasta di Tangerang.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Ubaya Mengadakan Pelatihan Internal Auditor di Universitas Surya Tangerang

19 Juli 2019   10:51 Diperbarui: 19 Juli 2019   10:59 0 0 0 Mohon Tunggu...
Ubaya Mengadakan Pelatihan Internal Auditor di Universitas Surya Tangerang
dok. pribadi

Universitas Surabaya (UBAYA) merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang dipilih oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai pelaksana teknis Program Perguruan Tinggi (PT) Asuh yang dicanangkan oleh Kemenristekdikti.

PT Asuhan adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada pada kluster 3 dan 4 sesuai Surat Keputusan Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 2217/C/Kep/VIII/2018, Tanggal 16 Agustus 2018 untuk PT yang berbentuk Universitas, Institut, atau Sekolah Tinggi dan No 2189/C/Kep/VIII/2017, Tanggal 16 Agustus 2017 untuk PT yang berbentuk Politeknik atau Akademi.

Program Asuh merupakan program Kemenristekdikti dalam peningkatan mutu pendidikan tinggi untuk membangun budaya mutu, melalui pendampingan dalam membangun, melembagakan dan memfungsikan sistem penjaminan mutu secara berkelanjutan oleh perguruan tinggi unggul kepada perguruan tinggi asuhan.

Untuk melaksanakan tugas yang diberikan oleh Kemenristekdikti, maka mulai tanggal 17 s.d. 18 Juli 2019, UBAYA melakukan serangkaian kegiatan pendampingan bagi sejumlah perguruan tinggi asuh yang salah satunya adalah Universitas Surya.

Pada kegiatan hari pertama, antara Universitas Surya dan UBAYA melakukan perbahasan terkait dengan pengelolaan akademik, pengembangan managemen Universitas ke depan dan gugus kendali mutu.

Sebagai tindak lanjut dari pembicaraan hari pertama, di hari kedua, Tim Direktorat Penjaminan Mutu dan Audit Internal UBAYA, yang diwakili Bapak Gunawan, Ph.D. dan Bapak Arif Herlambang, M.Si. melakukan pelatihan khusus kepada para tim Internal Auditor Universitas Surya.

Bapak Gunawan menekankan agar melalui kegiatan Pelatihan Teknis ini, Tim Internal Auditor Universitas Surya dapat semakin bersinergi dan berkolaborasi dengan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Surya dalam meningkatkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Universitas Surya ke depannya.

Adapun tujuan SPMI yaitu Memelihara dan meningkatkan mutu Perguruan Tinggi secara berkelanjutan (continuous improvement), yang dijalankan oleh Perguruan Tinggi secara internal untuk memenuhi Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT), mewujudkan visi dan misi Perguruan Tinggi, serta memenuhi kebutuhan stakeholders melalui penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.

Pada kesempatan yang sama, Bapak Arif menegaskan bahwa Audit Internal (AI) adalah Proses yang sistematis, mandiri, dan terdokumentasi untuk memperoleh bukti audit dan mengevaluasinya secara obyektif untuk menentukan sejauhmana kriteria audit telah dipenuhi. AI adalah sebuah penilaian yang sistematis dan objektif yang dilakukan auditor internal terhadap operasi dan kontrol yang berbeda-beda dalam organisasi.

Tujuan diadakannya AI yaitu untuk memastikan bahwa Sistem penjaminan mutu / pengendalian internal telah dilaksanakan dengan baik, Informasi keuangan dan operasi telah akurat dan dapat diandalkan, Risiko yang dihadapi Perguruan Tinggi telah diidentifikasi dan diminimalisasi, Peraturan eksternal serta kebijakan dan prosedur internal yang bisa diterima telah dipenuhi, Kriteria operasi (kegiatan) yang memuaskan telah dipenuhi, Sumberdaya telah digunakan secara efisien dan ekonomis serta tujuan organisasi (Visi dan Misi) telah dicapai secara efektif.

Di samping itu Bapak Arif menekankan bahwa pelaksanaan Audit Internal juga bertujuan untuk menilai kesesuaian sistim manajemen mutu (SPMI) terhadap standar Mutu yang telah ditetapkan, menilai kesesuaian terhadap persyaratan akademik/non akademik dan peraturan yang berlaku, menilai efektivitas penerapan, pemeliharaan dan penyempuranaan SPMI/Pengendalian Internal, menilai pencapaian sasaran-sasaran mutu dan masukan untuk penyempurnaan SPMI.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2