Mohon tunggu...
R.A. Vita Astuti
R.A. Vita Astuti Mohon Tunggu... Dosen - IG @v4vita | @ravita.nat | @svasti.lakshmi

Edukator dan penulis #uajy

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"My Liberation Notes": Ritual Makan

24 Mei 2022   22:08 Diperbarui: 24 Mei 2022   22:16 716
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Makan siang, Ep 1, sumber Netflix

Ritual Makan

Kalau Anda mengikuti yang trending di Netflix Indonesia di bulan Mei 2022 ini, pasti Anda akan melihat drama Korea berjudul "My Liberation Notes" bertengger di paling atas Top 10 TV Shows in Indonesia Today.

"My Liberation Notes" mulai tayang 9 April 2022 di JTBC dan sekarang masih ongoing akan selesai di episode 16. Kdrama ini dibintangi oleh Son Seok-koo sebagai Mr Gu dan Kim Ji-won sebagai Yeom Mi-jeong. Saya memulai menonton serial ini gara-gara di Instagram story bertebaran foto Son Seok-koo dan banyak yang jatuh cinta pada perannya.

Saya baru tamat episode 7 dan masih jauh perjalanan saya ke episode 16. Namun yang saya rasakan, alurnya sangat lambat. Drama memang lambat, tapi ini pelan sekali karena per episode sejam - jadi bisa ditebak, saya banyak skip per 10 detik. Saya tidak banyak merasakan kehilangan karena 5-10 detik yang saya skip hanyalah adegan tokoh-tokohnya merenung atau sedang lambat bereaksi.

Kalau teman lain suka pada Mr Gu yang misterius (banyak cewek kayaknya suka sama cowok misterius), saya tertarik pada ritual makan yang ada dalam serial ini. "My Liberation Notes" sebenarnya tentang kesialan hidup tiga bersaudara, termasuk Mi-jeong. Hanya saja, percakapan terpenting terjadi ketika makan.

Berikut yang saya temukan di episode pertama. Urutan sesuai kronologi cerita.

1. Makan siang di kantor

Adegan makan paling awal adalah kebiasaan Mi-jeong makan siang bersama kelima teman-teman cewek sekantor. Semua ikut club dan sangat menikmati hidup mereka, kecuali Mi-jeong. Pada adegan pertama ini Mi-jeong dipaksa ikut main bowling supaya bersosialisasi.

2. Makan malam bersama orang kantor

Selesai main bowling yang gagal buat Mi-jeong, dia masih bertahan ikut dinner, makan malam, bersama teman-teman sekantor. Rencananya bersosialisasi tapi dia sendiri selalu diam dan memeriksa HPnya berulang kali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun