Mohon tunggu...
R.A. Vita Astuti
R.A. Vita Astuti Mohon Tunggu... Dosen - IG @v4vita | @ravita.nat | @svasti.lakshmi | www.v4vita.com

Dosen Departemen Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"Saint Maud", Film Horor Tanpa Hantu

8 Juli 2021   15:00 Diperbarui: 9 Juli 2021   15:43 252 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Saint Maud", Film Horor Tanpa Hantu
Oleh Mark Levy sumber www.artstation.com

Dulu secara sederhana film horor dianggap sebagai film yang ada hantunya. Coba saja kita telisik film bergenre horor produksi Indonesia. Bahkan hantunya menjadi pemeran utama dan dominan muncul di setiap scene-nya, walau kadang cuma terasa saja.

Dalam film "Saint Maud" (2019) ini, saya tidak menemukan hantu yang dibilang wajib ada. Tapi film ini bergenre horor. Untuk foto ilustrasi film ini pun tidak ada arwah, darah dan kematian - susah menebak genre film ini kalau hanya dari posternya.

Mark Levy mengilustrasikan film ini dengan lebih baik - maksud saya lebih mendekati genre horornya karena terlihat lebih imajinatif.

Genre horor sendiri sangat susah didefinisikan. Misalnya dengan definisi sederhana, ada hantu dan darah. Tapi ada film horor yang tanpa itu juga. Lalu bagaimana?

Menurut Paige Moore (2015) ada lima karakteristik yang memudahkan kita menentukan genre horor:

1. Foreshadowing - Bayangan
Dalam ceritanya akan ada petunjuk-petunjuk yang mengarah ke ending cerita. Seperti musik, flashback, atau bahkan kejadian di masa depan. Bayangan atau pertanda ini akan semakin bertambah menuju inti cerita.

2. Fear - Ketakutan
Sebenarnya ini inti cerita horor - menakutkan. Tapi ketakutan orang berbeda-beda, ada yang takut laba-laba atau bahkan buah salak. Dalam horor, ketakutan dimiripkan seperti mimpi buruk - sesuatu yang tidak mau kita alami di dunia nyata. Kita ketakutan akan sesuatu yang belum pernah dialami.

3. Suspense - Ketegangan
Ketegangan terjadi karena akan ada sesuatu - hanya saja kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Dalam film, situasi ini didukung oleh musik, cahaya atau ilustrasi - atau bahkan adegan ada sesuatu yang tersembunyi di depan yang harus diantisipasi, misalnya belokan jalan.

4. Mystery - Misteri
Misteri adalah ketidaktahuan - tidak seperti suspense - misteri lebih ke sesuatu yang tidak bisa dipahami, tidak bisa digambarkan bahkan dijelaskan. Kita tidak tahu nanti hasilnya akan seperti apa atau akhirnya bagaimana.

5. Imagination - Imajinasi
Bayangan yang ada di pikiran kita biasanya jauh lebih kuat dan dipercaya daripada ada yang nampak di depan mata. Imajinasi inilah yang membuat jantung berdetak lebih cepat, tangan berkeringat dan tubuh merinding karena apa yang dibayangkan dalam pikiran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x