Mohon tunggu...
R.A. Vita Astuti
R.A. Vita Astuti Mohon Tunggu... Dosen - IG @v4vita | @ravita.nat | @svasti.lakshmi

Edukator dan penulis #uajy

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"Rurouni Kenshin", Kaoru atau Tomoe

30 Juni 2021   15:59 Diperbarui: 30 Juni 2021   22:10 4233
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kaoru dan Tomoe - oleh Miguel Blanco: cdna.artstation.com

Perdebatan seru muncul di konten YouTube ataupun di komentarnya tentang siapa yang dicintai Kenshin Himura. Apakah Tomoe atau Kaoru? Tercipta Tim Tomoe dan Tim Kaoru. Saya akan memberikan analisis jawabannya dengan teori ciptaan saya sendiri dan diikuti buktinya.

Sebelum lanjut, siapakah Kenshin ini? Mengapa dia penting untuk memilih dua wanita?
Kenshin adalah tokoh samurai hebat di era Meiji Jepang, bisa ditemui dalam lima sekuel film Rurouni Kenshin (2012, 2014, 2014, 2021, 2021). Satu analisis sudah saya buat tentang kehebatan pertarungan pedangnya.

Disclaimer: saya belum menonton sekuel terakhir > Rurouni Kenshin: The Beginning (2021)

Sebenarnya tidak ada gunanya memilih satu dari dua wanita itu. Satu, karena Tomoe sudah mati sepuluh tahun sebelum Kenshin bertemu dengan Kaoru. Dua, karena penonton banyak memilih Kenshin bersama Kaoru saja. Hanya, perdebatan ini lebih berguna untuk melihat analisis film, bagaimana jawaban itu bisa dimunculkan dalam interpretasi dari sutradara dan bagaimana itu bisa diterima oleh penonton. Salah satu penontonnya adalah saya.

Saya akan memakai teori ending (Astuti, 2021) untuk menjadi pisau analisis saya supaya bisa menjawab Tomoe atau Kaoru. Asumsi dari teori ini adalah jawaban dilihat dari ending, atau ending scene. Adegan terakhir dengan konteks dan makna yang bisa menjawab rumusan masalah.

Jawaban saya adalah Kaoru. 

Jawaban ini dengan dasar disclaimer saya di atas, bahwa saya belum menonton sekule terakhir. Walau beberapa bilang sekuel terakhir itu hanya ada Tomoe dan Kenshin, tidak ada Kaoru. Namun argumen saya adalah, empat film yang lain Kaoru selalu dominan, Tomoe hanya sambil lalu. Semoga diterima.

Sekali lagi, saya akan memakai teori ending (Astuti, 2021) - jadi spoiler akan tumpah ruah tidak terkendali. 

Ending dari keempat film pertama yang saya pakai untuk membuktikan bahwa Kenshin mencintai Kaoru, bukan Tomoe.

Kenshin dalam
Kenshin dalam "Rurouni Kenshin" (2012), sumber: imdb.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun