Mohon tunggu...
Uwan Urwan
Uwan Urwan Mohon Tunggu... hai saya suka menulis puisi, menggambar, dan curhat.

Suka puisi, suka menggambar, suka kamu

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Butuh Hiburan, Warga Situbondo Bangun Instalasi Seni di Atas Sungai

4 Januari 2020   15:48 Diperbarui: 4 Januari 2020   15:53 76 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Butuh Hiburan, Warga Situbondo Bangun Instalasi Seni di Atas Sungai
Dok. pribadi

Kalau ditanya, tempat wisata di Situbondo itu di mana saja? Ada banyak sebenarnya, cuma lokasinya saling berjauhan. Belum lagi akses untuk menuju tempat wisata cukup ribet, belum ada angkutan umum di beberapa tempat wisata. Harus pakai kendaraan pribadi atau sewa mobil. Keberadaan ojek online sih memungkinkan untuk mencapai lokasi-lokasi tersebut, tapi lagi-lagi prioritas sebagain masyarakat bukan untuk traveling.

Bagi sebagian orang mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut sangat diwajibkan malah, tetapi kan tidak semua. Yang jadi pertimbangan lagi, kalau misalnya pakai jasa transportasi online atau sewa kendaraan, tentu jadi mahal dong. Padahal prinsip ekonomi di sebagain masyarakat Situbondo masih ke Ya kalau ada yang gratis ngapain harus bayar!

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Gak perlu jauh-jauh lagi sekarang. Di daerah kota ada instalasi seni yang sengaja diletakkan di atas sungai. Di mana? Cukup berjalan kaki di sepanjang sungai RT 03 RW 03, Lingkungan Krajan, Kelurahan Dawuhan, Situbondo untuk menikmati pemandangan sederhana itu. Ada kincir air dalam ukuran kecil, ada Monas mini, ada gubuk-gubukan, ada naga, ada kapal pinisi, ada menara eifel mini, dan patung singa seperti yang ada di Singapura.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Sebelumnya, lokasi itu memang berupa sungai kosong dengan air keruh berwarna cokelat, saat pagi sampai sore akan ada pemandangan orang mencuci baju, mandi, sampai buang air. Hehe... Saat ini, pemandangan itu bertambah dong. Untuk menambah semarak instalasi itu, disediakan juga lampu tumblr hias yang dirangkai sedemikian rupa sehingga menambah indah kawasan tersebut saat malam hari.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Instalasi seni ini menambah daftar lokasi untuk didatangi. Karena memang didesain sedemikian rupa agar cantik, kalau berkunjung saat malam bisa lebih semarak lagi karena lampu-lampu tumblr akan menyala sesuai dengan pola yang disusun. Memang sih untuk beberapa spot kurang mendapat pencahayaan, jadi belum bisa untuk mendapatkan hasil memuaskan kalau pakai kamera ponsel biasa. Harus pakai kamera gawai yang sudah didesain sedemikian rupa untuk malam hari agar hasil fotonya lebih maksimal seperti yang aku pakai, OPPO F11 Pro.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN