Mohon tunggu...
Uus UswatunHasanah
Uus UswatunHasanah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa Universitas Diponegoro di jurusan teknik Lingkungan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Kurangi Timbulan Sampah Organik, Mahasiswa KKN UNDIP Melakukan Edukasi Budidaya Maggot

12 Agustus 2022   03:42 Diperbarui: 12 Agustus 2022   03:44 81 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pada hari kamis ( 4 Agustus 2022 ) mahasiswa KKN TIM 2 Universitas Diponegoro tahun 2022 mengadakan Kegiatan sosialisasi tentang Budidaya Maggot sebagai upaya untuk mengurai timbulan sampah organik, kegiatan ini di sampaikan kepada para ibu-ibu PKK Kelurahan Gajahmungkur RW IX yang bertempatkan di Balai RW-IX Kelurahan Gajahmungkur. adapun tujuan dari sosialisasi ini adalah memberikan edukasi agar masyarakat dapat melakukan pengolahan sampah khusus sampah organik dengan budidaya maggot yang kedepannya diharapkan dapat dijadikan sebagai peluang usaha.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa setiap harinya kita menghasikan sampah. sampah yang dihasilkan sangat beragam jenisnya, Salah satunya adalah sampah organik. sampah organik merupakan sampah yang mudah terurai, seperti sisa makanan, daun-daun keringa dan sebagainya, walaupun sampah organik ini mudah terurai akan tetapi apabila kapasitas dari timbulan sampah organik  melebihi batas maka akan menimbulkan dampak lingkungan oleh karena itu perlu dilakukanya pengolahan.

Salah satu cara pengolahan  sampah organik yaitu dengan melakukan "Budidaya Maggot". maggot sendiri merupakan larva dari lalat BSF yang dapat mengurai sampah organik, lalat BSF ini tidak menimbulkan penyakut, kuman ataupun bakteri sehingga aman bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Maggot ini kaya akan manfaat dan nutrisi, salah satu manfaat dari Maggot ini yaitu dapat dijadikan pakan ternak yang kaya akan nutrisi.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Selain Edukasi Budidaya maggot, pada kegiatan ini disampaikan juga tagline bahwa sampahku tanggungjawabku, yang harapannya masyarakat sadar akan sampah yang dihasilkan, sehingga masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan.

Uus Uswatun Hasanah --Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing Lapangan: Dr.Eng. Agus Setyawan, S.Si., M.Si.

KKN TIM 2 UNDIP KELURAHAN GAJAHMUNGKUR 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan