Mohon tunggu...
UTIN ELVINA NOVA RADIKA
UTIN ELVINA NOVA RADIKA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas Tanjungpura

Pontianak, Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Membayar Pajak di Samsat Drive Thru Sangatlah Mudah

9 Juni 2023   13:29 Diperbarui: 9 Juni 2023   13:38 169
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ngomongin soal membayar pajak, APA ITU MEMBAYAR PAJAK?
Pada dasarnya, pajak merupakan sebuah kewajiban oleh seseorang atau badan kepada negara, yang diatur oleh undang-undang dan bersifat memaksa, serta digunakan untuk keperluan publik. Pajak menjadi penerimaan negara terbesar yang dikumpulkan negara melalui anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). 

Jadi ketika wajib pajak taat bayar pajak, ada berbagai manfaat yang dapat dirasakan kembali oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari fasilitas pendidikan yang menjadi lebih baik, fasilitas kesehatan yang lebih memadai, fasilitas transportasi publik yang lebih nyaman, fasilitas umum dan infrastruktur yang lebih maju, dan sebagainya. Membayar pajak pada dasarnya adalah kewajiban bagi warga negara Indonesia, terutama mereka yang sudah dikenai tanggung jawab perpajakan. Jika melanggar atau tidak mematuhinya, akan mendapat hukuman, seperti denda, bunga, hingga kurungan penjara.

Suatu hari, saya diberikan amanah dari orang tua saya, hal yang belum pernah saya lakukan sama sekali yaitu membayar pajak motor. Saya berasal dari Ketapang dan orang tua saja juga berada di Ketapang, motor itu di beli di Pontianak sehingga orang tua saya menyuruh saya membayarnya langsung disini karena kebetulan saya di Pontianak untuk kuliah. 

Awalnya saya bingung dan takut karena saya fikir membayar pajak itu ribet dan memakan waktu yang lama, lalu orang tua saya menyarankan untuk membayarnya di Samsat Drive Thru saja karena cepat dan kita tidak perlu turun dari motor untuk membayarnya. Secara saya dari dulu juga tidak pernah berurusan dengan urusan bayar-membayar dan surat-menyurat. Namun saya sendiri tertantang kok bisa kita membayarnya langsung dari motor? setelah saya survei langsung ke lokasi, ternyata sistem dari pembayaran pajak di Samsat Drive Thru ini memang seperti sedang singgah saja, orang-orang yang membayarnya tidak perlu turun dari motor karena pelayanan dan pelaksanaan pembayaran pajaknya sangat cepat dan praktis.

Kalau ditanya, kenapa harus di Samsat Drive Thru? kenapa tidak langsung saja ke kantornya? Ya jawabannya karena praktis. Proses pengerjaannya juga tidak lama, hanya menunggu beberapa menit dari proses pengecekan hingga pembayaran. Dengan tempat pembayaran yang strategis, berada di tengah-tengah kota, membayarnya tentu saja tidak akan memakan waktu. Pelayanan di Samsat Drive Thru juga sangat ramah, kita dituntun dengan baik dalam pelaksanaan pembayaran. Sebenarnya tidak salah kalau ingin membayar langsung di Kantor samsat terdekat, sama saja. Hanya terkadang akan ada pengantrian jika sedang ramai dan akan memakan sedikit waktu.

Sewaktu membayar pajak ini, saya fikir akan mahal karena motor yang saya pakai sudah lewat jatuh tempo. Ternyata membayar pajak tidak seburuk itu, saya membayar Rp. 291.000,00 saja walaupun tidak tepat waktu. Untuk melakukan pembayarannya, mereka sudah memiliki aplikasi mobile banking. Masyarakat hanya perlu melakukan pemindaian (scan) barcode pada jendela loket. Setelah prosesnya berhasil, bukti transfer bisa langsung diperlihatkan ke petugas guna dicek. Kemudian kalian bisa menerima print out surat tanda nomor kendaraan sudah diperbarui. Perlu diketahui masyarakat yang kendaraannya telah jatuh tempo masa berlakunya tetap bisa menikmati layanan ini. Namun ada syarat sama ketentuan berlaku.

Saya jadi bangga dengan Pemerintah yang menghasilkan inovasi-inovasi baru untuk memudahkan masyarakat. Seperti Samsat Drive Thru ini, masyarakat jadi lebih mudah membayar pajak tanpa harus mengantri lama di kantornya. Hal-hal yang mempermudah seperti inilah yang membuat masyarakat jadi lebih enteng melakukan suatu pekerjaan. 

Di samping itu pendaftaran yang sifatnya online juga meningkat. Dulu masyarakat di pedesaaan lebih memilih pembayaran konvensional, seperti samsat keliling, atau ke kantornya langsung. Namun sekarang kita memasifkan layanan kita agar masyarakat bisa membayar di channel terdekat dan juga melalui e-commerce, ATM. 

Untuk Samsat Drive Thru ini memang sangat dibutuhkan masyarakat tetapi sayangnya, Samsat Drive Thru tidak selalu ada di seluruh Kota Indonesia. Teknologi yang semakin maju pastinya tidak lain dari dukungan masyarakat juga, pemerintah menciptakan teknologi baru guna mempermudah masyarakat dalam melakukan suatu kegiatan, maka dari itu kita sebagai masyarakat patut bangga dan mendukung segala teknologi-teknologi masa kini.

Dari sini pun saya belajar, bahwa membayar pajak itu ternyata sangatlah penting. Membayar pajak tidak hanya bermanfaat kepada pemerintah tetapi bermanfaat juga bagi masyarakat. Untuk dana dari pajak tersebut dapat berupa Pembuatan jalan, pembangunan jembatan, sekolah, tol hingga rumah ibadah merupakan beberapa jenis infrastruktur dan fasilitas umum. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun