Mohon tunggu...
utie adnu
utie adnu Mohon Tunggu... blogger

freelance dan mom blogger

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Omnibus Law Mendukung Perlindungan Para Pekerja

25 Maret 2020   14:37 Diperbarui: 25 Maret 2020   15:01 57 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Omnibus Law Mendukung Perlindungan Para Pekerja
pict by pixabay

Berita yang kini hampir di semua media online, maapun grup di handphone dan menjadi hedline adalah berita tentang wabah virus  yang pada akhirnya datang ke Indonesia, virus ini mungkin akan mengancam perekonomian walaupun sesaat lock down yang dilakukan dibeberapa daerah hingga pembelajaranpun diliburkan sementara,  bahkan beberapa kantorpun ada yang menerapkan sehari masuk dan sehari libur seperti kantor suami saya dan itupun jam kerjanya diubah menjadi lebih cepat. Dengan sistem yang diambil pemerintah ini banyak yang  terselamatkan dan ekonomi pasti bisa dibangun Kembali.  Semoga saja wabah ini cepat berlalu ya.

Ditengan-tengah wabah ini ada  Undang-Undang Omnibus Law cipta lapangan kerja membawa angin segar bagi para pekerja. Omnibus Law merupakan upaya Pemerintah untuk memecahkan permasalahan tenaga kerja juga investasi. Kehadiran Omnibus Law ini diharapkan mampu ada dampak postif bagi perekonomian Indonesia saat ini

Dampak positif Omnibus law cipta kerja

Apa itu omnibus law  adalah merupakan rancangan undang-undang  untuk mengganti dan mengatur kembali beberapa ketentuan dalam undang-undang ke dalam satu undang-undang (tematik). Hal ini tercipata antara lain untuk:

Terciptanya lapangan kerja dan pekerja  yang berkualiatas

Angka pencari kerja setiap tahunnya meningkat dan disini pemerintah berusaha membuka perluasan lapangan kerja  dan juga dibutuhkannya kenaikan upah yang pertumbuhannya sejalan dengan pertumbuhan ekonomi. Juga perlunya jaminan atas hak dan perlindungan  untuk semua pekerja baik itu pekerja kontrak, tetap dan tenaga ahli. Disini diperlukan perubahan secara menyeluruh.

Yang paling riskan adalah mengenai upah minimum disini UU Omnibus Law mengatur adanya kebijakan tentang upan minimum (UM). UM tetap berlaku bagi pekerja baru yang bekerja kurang dari satu tahun, namun pekerja tersebut tetap dimungkinkan menerima upah diatas UM dengan catatan memperhatikan kompetensi, Pendidikan juga sertifikasi. Kemudian upah per jam dapat diberikan kepada pekerja paruh waktu.

- Bagaimana dengan pekerja  kontrak

Perkembangan teknologi  digital dan revolusi industry 4.0  membutuhkan jenis pekerja yang bersifat tidak tetap dan membutuhkan pekerja untuk jangka waktu tertentu atau pekerja kontrak. Pekerja kontrak tetap mendapatkan hak dan perlindungan yang sama  dengan pekerja tetap antara lain dalam hal upah,  perlindungan K3, jaminan social termasuk kompensasi pengakhiran hubugan kerja.

- Bagi yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) tetap memberikan perlindungan bagi pekerja yang terkana PHK, pemerintan memberikan jaminan kehilangan Pekerjaan (JKP) adapun manfaat JKP ini  tetap akan mendapatkan  jaminan sosial lainnya seperti

  • Jaminan kecelakaan kerja
  • Jaminan hari tua
  • Jaminan pensiun
  • Jaminan kematian dan
  • Jaminan Kesehatan nasioanal

Dan dilakukan terobosan untuk meningkatkan kesejahteraan para pekerja dengan adanya kartu prakerja, JKN, Rastra, BPNT kartu sembako dan subsidi energi (LPG 3kg, solar) yang kesemuanya untuk meningkatkan kesejahteraan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN