Mohon tunggu...
Amalia
Amalia Mohon Tunggu... Lainnya - Debutan

Have a nice day!

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Ha, Endemi!

2 November 2021   10:45 Diperbarui: 2 November 2021   10:52 126 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Perempuan sedang duduk di kereta (Sumber: pexels.com/Anna Shvets)

Tidak terasa Covid-19 sudah berusia 2 tahun lebih. Rasanya masih sulit untuk mengucapkan selamat ulang tahun padanya. Secara, karena kehadirannya memberi duka dan menjungkirbalikan hampir seluruh aspek kehidupan. Disamping itu, dia tetap terus bertransformasi dari Epidemi, Pandemi, dan sekarang hampir menuju Endemi.

Beberapa orang bahkan sudah tidak peduli dan gerah bila mendengar namanya. Terlebih lagi adanya kebijakan lockdown, PSBB, dan PPKM saja sudah memberatkan untuk dijalani. 

Belum lagi keharusan untuk selalu menggunakan masker dan tekanan sosial yang diterima bila ada anggota keluarga yang terkena Covid-19. Selain itu, kebutuhan sehari-hari terus menanti yang harus segera dipenuhi. Tak ayal, masyarakat masih menolak akan kehadirannya dan memilih bertahan dengan cara yang biasanya mereka lakukan yaitu hidup seperti biasa.

Sayangnya, untuk bebas dari Covid-19 nampaknya mustahil. Mau tidak mau, saat ini satu-satunya jalan adalah berdampingan dengannya. Disamping itu, sudah saatnya juga untuk mengakui bahwa dia ada dan memikirkan cara untuk berbagi ruang kehidupan dengannya. 

Diantaranya memberi perhatian lebih secara bersama-sama untuk menghadapi tantangan ini. Memang tidak mudah dan memerlukan kesiapan mental serta pola pikir yang baru. Bahkan harus merubah beberapa kebiasan yang sudah berjalan selama ini.

Entah itu harus selalu menggunakan masker meskipun tidak nyaman memakainya dalam waktu yang lama ataupun menahan sedih karena wajah rupawan harus tersembunyi di balik masker dan hasil makeup yang jadi tidak terlihat. 

Di sisi lain, mungkin nanti harus bersiap dengan jam kerja yang tidak menentu karena WFH. Beralih membuka usaha secara online. 

Belajar di sekolah virtual. Lebih banyak meminum vitamin, makan makanan bergizi, dan berolahraga untuk jaga kesehatan menghadapi perubahan cuaca. 

Kemana-mana harus menyiapkan bukti bahwa terbebas dari Covid-19 dan keterangan bahwa sudah divaksin ataupun hal lainnya yang mungkin dapat terjadi dan harus siap dijalani. Namun, yang paling sulit dari semuanya adalah ketika mungkin nanti harus merelakan anggota keluarga pergi karena Covid-19.

Lelah fisik dan mental memang dalam menghadapinya. Tetapi, itulah kehidupan, siap tidak siap harus belajar dari masa lalu, berjalan di masa ini, dan bersiap untuk masa depan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan