Mohon tunggu...
Utama AbdunAbadi
Utama AbdunAbadi Mohon Tunggu... Learning by Doing

Tidak semua yang dipikirkan bisa terucap langgsung, maka menulislah dan merangkai kata.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

New Normal saat Ramadhan dan Idul Fitri

24 Mei 2020   01:48 Diperbarui: 25 Mei 2020   10:57 37 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
New Normal saat Ramadhan dan Idul Fitri
ramadhan-png-5ec96f21d541df5271665592.png

Bulan suci Ramadhan telah kita lewati Bersama, tepat hari ini umat muslim merayakan hari kemenangan iman dan ilmu atas nafsu saat Bulan Ramadhan, juga berhasill menundukkan nafsu lalu kembali ke fitrah (Idul Fitri).

Ada yang berbeda dengan bulan suci Ramadhan tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya, pada saat ini kita menghadapi Pandemi Corona yang mengharuskan kita untuk tetap berdiam dirumah, dimana dengan hal tersebut akan berdampak pada perubahan “kebiasaan” yang secara tidak langgsung sudah menjadi Budaya dalam menjalani bulan suci Ramadhan..

Budaya-budaya yang sangat melekat dengan Bulan Ramadhan seperti Ngabuburit dan juga Buka Bersama yang bermaksud kiat untuk mempererat tali silaturahmi dan juga menjadi momen yang sangat erat dibulan suci ini tidak bisa kita lakukan lagi sehubungan dengan Anjuran pemerintah untuk tetap dirumah saja, lalu Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan oleh pemerintah dalam beberapa bulan terakhir membuat Ramadhan tahun ini terasa berbeda dengan Ramadhan sebelumnya, begitupun ibadah sunah shalat tarawih yang biasa dilakukan dibulan yang suci ini harus mengalami beberapa penyesuaian dengan kondisi wilayah.

Perayaan Idul Fitri pun tak luput terkena imbasnya dari Pandemi ini, Pada hari raya Idul Fitri biasanya umat Muslim di sunahkan untuk melaksanakan shalat Id, Namun MUI memberi Imbauan untuk melakukan Shalat Id di rumah masing-masing, selain itu Budaya seperti Saling mengunjungi sanak saudara dan kerabat terdekat lalu saling berjabat tangan dan saling bertukar maaf pun tidak bisa kita lalukan seperti sedia kala karena Pandemi ini. semua anjuran dilakukan untuk kebagian kita semua tentunya.

Ini Semua bisa menjadi "New Normal" atau tatanan kehidupan baru di tengah pandemi virus corona yang mau tidak mau harus kita lakukan, anggap ini semua sebagai Ujian yang harus kita hadapi Bersama, ikuti imbauan dan aturan yang pemerintah berikan serta selalu ingat akan protokol Kesehatan untuk menekan angka kasus positif yang kian hari memburuk di Indonesia.

Apapun yang terjadi mari kita Bersama-sama merayakan hari kemenangan yang suci ini tentunya dengan tetap mengikuti anjuran dari pemerintah. Pasti ada hikmah dan pelajaran dari apa yang terjadi saat ini. semoga pandemi ini segera berakhir.

Selamat hari raya Idul Fitri bagi seluruh Umat Muslim.
Minal Aidin Wal Faizin, Mohon maaf lahir dan batin.

VIDEO PILIHAN