Kotak Suara

Anies Baswedan Bersinergi Benahi DKI

13 April 2017   05:16 Diperbarui: 13 April 2017   05:19 52 0 0

Anies Baswedan dalam acara debat putaran kedua Pilkada Jakarta yang disiarkan secara nasional pada hari rabu 12-4-2017 malam selalu " Menekankan " bahwa persoalan Jakarta yang begitu " kompleks " tersebut akan bisa dan cepat teratasi bila pelibatan segenap komponen masyarakat sejak level individu,keluarga,komunitas,swasta dan Pemerintah ( mulai dari tingkat RT ,RW,Lurah dst )terjadi secara terkoordinasi dan bersinergi,

Sebagai misal dalam mengatasi persoalan sampah,sejak level individu,keluarga,komunitas ditingkat pertama " sampah " sudah terpisah dan terpilah( organik,plastik,logam,kaca) dan menjadi tugas " pengumpul ditingkat pertàma hingga tingkat berikutnya untuk " memastikan bahwa " sampah tsb " memang sudah terpisah dan terpilah.

Soal apakah di level keluarga,atau komunitas dst sampah tersebut bisa diolah atau dikelola ditingkat berikutnya bisa mempertimbangkan situasi dan kondisi yang ada,mana yang paling memungkinkan dan mana yang paling efektifdan effisien.

Demikian juga soal " banjir " Jakarta,untuk memastikan bahwa seluruh saluran air bebas dari sampah,tidak ada sumbatan maka pelibatan segenap komponen masyarakat secara terstruktur,sistemik dan massive sesuai kapasitasnya masing masing juga dilakukan.

Bagaimana tehnik operasionalnya,bagaimana sistim pengganggarannya,apakah lewat APBD,atau lewat CSR dsb hal tersebut bukan masalàh bagi Anies Baswedan karena dibidang " berorganisasi " Anies memang " jagonya " ,sejak di tingkat keluarga Anies sudah dididik berorganisasi dan aktif dalam berorganisasi.

Ketika Anies masih kuliah di UGM Anies duduk dalam berbagai kepengurusan Organisasi kemahasiswaan,berbagai acara pendidikan dan pelatihan berorganisasi bagi adik adik kelasnya juga dilakukan Anies Baswedan,dari situ kemampuan Anies dalam menggerakkan individu dan menggerakkan Organisasi makin terasah dan makin Trampil.

Sudah saatnya Jakarta dipimpin oleh orang tahu " memimpin " disaat yang sama orang tersebut AHLI dan AMANAH dan figur tersebut cocok disematkan pada Anies Baswedan dengan " motto " Bersinergi Benahi DKI... Dibawah kepemimpinan Anies Baswedan maka siapapun juga bisa jadi pejuang benahi DKI.