Mohon tunggu...
usman santosa
usman santosa Mohon Tunggu... Dokter - ...

Pencinta Kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Akankah Rusia Hancur Akibat Perang Berkepanjangan?

9 September 2022   08:15 Diperbarui: 9 September 2022   08:18 166 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Akibat operasi militer khusus Rusia di Ukraina, disamping harus membiayai operasi militer khusus tersebut Rusia juga menghadapi beragam sanksi dari kubu Amerika Serikat cs.

Harapannya jelas, agar Rusia mengalami krisis multidimensi terkhusus krisis ekonomi yang berujung pada munculnya ketidak puasan warga sehingga terjadi " pemberontakan yang berujung pada munculnya Pemerintahan baru di Rusia dan bersikap lebih" kooperatif " terhadap Amerika Serikat cs.

Tentunya skenario terburuk tersebut sudah menjadi bahan pertimbangan pihak Rusia saat ini dan berusaha untuk diantisipasi agar hal tersebut tidak terjadi.

Terkait operasi militer khusus Rusia di Ukraina, Rusia relatif lebih " hemat" dalam menggunakan persenjataan dan peralatan tempurnya..

Peralatan tempur tua warisan Uni Soviet bahkan yang sudah rusak diperbaiki kembali untuk operasi militer khusus di Ukraina..

Pasukan khusus dan pasukan terlatih digunakan secara " terbatas" sebatas sebagai pasukan " perintis" untuk kemudian dilanjutkan dengan pasukan reguler atau milisi dari berbagai daerah termasuk milisi dukungan Rusia..

Penggunaan satelit penginderaan jarak jauh, pesawat pengintai jarak jauh kemudian ditindaklanjuti dengan pesawat Drone diefektifkan sehingga serangan Rusia lebih presisi yang berfokus pada pusat persenjataan dan pasukan lawan dan sedapat mungkin menghindari sasaran sipil..

Khusus terkait menghadapi beragam jenis embargo, walaupun sedikit menghadapi kesulitan, Rusia juga berhasil melakukan serangan " balik " , artinya embargo juga dilawan dengan embargo.

Operasi militer khusus Rusia di Ukraina dilakukan secara terkendali, terukur transparan dan akuntabel, akibatnya secara "ekonomi" relatif tidak membebani keuangan negara, justru mampu menciptakan lapangan kerja baru berupa industri militer berkembang, industri pemeliharaan dan perbaikan kendaraan militer/ persenjataan berkembang pesat.

Peralatan tempur tua warisan Uni Soviet yang selama ini nyaris jadi besi tua berhasil diaktifkan kembali dan disaat yang bersamaan peralatan tempur yang rusak di Medan perang juga diperbaiki kembali.

Kemampuan militer Rusia yang dikombinasi dengan kemampuan berdiplomasi menjadikan operasi militer khusus Rusia di Ukraina berhasil " dilokalisir" agar tidak merembet ke mana mana..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan