Mohon tunggu...
usman santosa
usman santosa Mohon Tunggu... ...

Pencinta Kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Herd Immunity Terkendali Hadapi Covid 19

26 September 2020   16:38 Diperbarui: 26 September 2020   16:42 4 0 0 Mohon Tunggu...

Satu hal yang tidak terbantahkan adalah: HERD IMMUNITY terbukti selama ribuan tahun berhasil mengatasi penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi yang disebabkan oleh VIRUS.

Dikatakan terkendali karena dilakukan beragam perlakuan berupa karantina, isolasi wilayah, jaga jarak, penggunaan masker bila penularannya melalui udara.

Ketakutan akan terjadi ledakan kematian akibat ledakan jumlah yang sakit berat memang cukup beralasan walaupun mungkin tidak didukung oleh data yang akurat, yang ada adalah sekedar perkiraan para ahli saja.

Lepas dengan beragam kontroversi terkait konsep HERD IMMUNITY Terkendali yang jelas fakta yang terjadi saat ini adalah HERD IMMUNITY lepas apakah terkendali atau tidak karena masih banyak masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Berdasarkan fakta tersebut diatas akan lebih baik bila para pemangku kepentingan terkait penanganan covid 19 bisa duduk bersama dan tidak saling menyalahkan.

Pemerintah pusat dan pemerintah daerah bisa berkoordinasi dengan instansi vertikal maupun instansi horizontal untuk bisa berbagi tanggung jawab sesuai dengan kemampuannya.

Sebaliknya bagi masyarakat dimohon pengertiannya untuk sedapat mungkin mentaati protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

Minimal jaga jarak, pakai masker, kurangi kerumunan massa diruang tertutup, dengan harapan kalau toh terpapar covid 19 dalam jumlah minimal (Viral Load) dengan harapan sebelum mengganas tubuh sudah punya kekebalan alami terhadap covid 19.

Artinya apa?? HERD IMMUNITY terkendali lewat kekebalan kolektif yang timbul akibat terpapar covid 19 dalam jumlah minimalis bakalan terjadi .

Hal tersebut sudah terbukti untuk saat ini untuk beberapa wilayah dimana ada dijumpai mayoritas penduduk yang positif covid 19 ternyata tanpa gejala (OTG), kalau toh timbul gejala cuma ringan sekali.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x