Mohon tunggu...
Uswatul Fitriyah Osadi
Uswatul Fitriyah Osadi Mohon Tunggu... All start from Early Childhood Education

Menulis juga dilaman akun Instagram @pesan.us

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

PERMAINAN MUSIM HUJAN

10 November 2017   18:07 Diperbarui: 13 November 2017   18:39 1497 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PERMAINAN MUSIM HUJAN
bolehkah-anak-hujan-hujanan-apa-efek-sampingnya-5a0984385a676f1c6e799d22.jpg

Bermain merupakan upaya bagi anak untuk mengungkapkan hasil pemikiran dan perasaan serta cara anak menjelajah lingkungannya. Bermain juga membantu anak untuk menjalin hubungan soial antar teman sebaya. Bermain sangat digemari oleh kalangan usia, tidak hanya anak-anak saja yang menyukai permainan tetapi bermain juga didambakan oleh semua kalangan mulai dari yang muda hingga yang usia lanjut. Bahkan banyak sekali permainan yang dapat dilakukan oleh semua kalangan usia.

Apa hubungannya musim hujan dengan bermain?

Sangat memiliki hubungan yang erat. Bahkan ketika musim hujan tiba, jangan sekali-kali bunda dan ayah melarang anak bermain air karena dengan bermain air anak dapat mengembangan perkembangannya. Tetapi laranglah anak bermaian hujan-hujanan jika hujan itu bersama dengan angin topan atau hujan yang cukup deras. 

Ada beberapa perkatan yang sangat sering saya dengar dari mulut Bunda-bunda "Jangan hujan-hujanan kalau masih hujan pertama"maksudnya, setiap musim hujan pasti diawali dengan hujan pertama kali turun untuk selanjutnya hujan-hujan berikutnya, katanya dapat menyebabkan penyakit. Antara mitos atau fakta tetapi saya memiliki cerita ketika keponakan saya diperbolehkan hujan-hujanan untuk pertama kali hujan dimusim itu, sorenya keponakan saya langsung demam. 

Sehingga saya ingat dengan perkataan diatas tersebuat, antara saya percaya atau tidak tetapi keponakan saya sudah mengalaminya. Musim hujan pasti musim yang membawa banyak sekali keberkahan, begitu juga para petani musim hujan adalah musim yang sngat didambakan, diaman para petani bisa bermain dengan tanaman-tenaman mereka.

Ada beberapa permainan yang bisa dilakukan ketika musim hujan di masa kecil saya dulu, antara lain :

  • Seluncuran ditaman bermain -  Ketika hujan permainan seluncuran inilah menjadi permainan idola buat saya, karena ketika hujan turun permukaan selorotan atau antai licin yang diberi dengan sabun dan mempunyai sensai bermaian tersendiri, apalagi dimainkan denga bersama-sama.
  • Perahu Kertas - Kertas lipat atau kertas apapun yang itu jenisnya salkan tahan air sehingga dapat digunakan untuk membentuk perahu-perahuan yang dapat bertahan dengan lama ketika hujan, adanya saluran air ketika hujan didepan rumah dapat dimanfaatkan dengan permainan balapan perahu kertas.
  • Pistol Air -- Permainan ini mewajibkan si anak untuk memiliki pistol air dan dapat dilakukan dengan dua anak atau lebih, agar seru dan asik permainana pistol air ini dilakukan secara berkelompok.

Ajaklah anak-anak bermain hujan-hujanan, karena kotor itu lebih baik daripada tidak sama sekali.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x