Mohon tunggu...
Devy Arysandi
Devy Arysandi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Remahan Rakyat

Masih memanusiakan manusia dengan cara manusia hidup sebagai manusia yang diciptakan Tuhan untuk menjadi manusia sebaik-baiknya manusia.

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Tips and Trick ala Mahasiswa Menghadapi Tanggal Tua

25 Juli 2021   10:09 Diperbarui: 25 Juli 2021   10:24 61 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips and Trick ala Mahasiswa Menghadapi Tanggal Tua
Life hack. Sumber ilustrasi: PEXELS/SeaReeds

Gini nih, nasibnya mahasiswa yang jadi anak indekos. Jauh dari orang tua dan sanak saudara, mengharuskan seorang mahasiswa untuk melatih kemandiriannya sejak usia dini. Terlebih, ketika mahasiswa itu adalah seorang perantau yang baru pertama kali menginjakkan kaki di tanah yang baru. Pasti butuh banget yang namanya adaptasi dan pembiasaan dengan lingkungan sekitar.

Satu atau dua minggu pertama, mungkin ga akan terasa banget. Eitsss, tapi tunggu dulu mendekati tanggal 20-an alias tanggal tua, pasti deh kerasa bedanya. Mulai dari kantong yang semakin menipis sampai urusan perut yang membuat hati miris.

Untuk kalian yang bernasib sama, kita intip dulu kuy tips and trick berikut ini, dijamin halal dan diperbolehkan untuk diikuti!!!

1. Harus Punya Celengan

Kalian yang sudah menjadi mahasiswa atau akan menjadi mahasiswa, harus nih punya yang namanya celengan. Fungsinya celengan ini ya untuk menabung, bukan buat pajangan di kamar. 

Coba biasakan diri untuk selalu menabung, ga usah jauh-jauh ke bank, masukin aja uang dolar kalian ke dalam celengan. Dalam hal ini dibebaskan kok mau celengan bentuk apa aja, yang penting ada isinya. Sama satu lagi, jangan dipecahin pas di tengah perjalanan ya. Kebiasaan buruk seperti ini harus dihilangin mulai dari sekarang, kan belajar untuk berlatih, jadi harus dijalanin dengan hati yang bersih.

2. Mulai Belajar Menyusun Skala Prioritas

Jadi mahasiswa emang banyak banget kebutuhan, mulai dari primer, sekunder, sampai tersier. So, ga usah heran kalo sewaktu-waktu akan ada yang namanya pemberitahuan mendadak buat beli ono-ini. Jangan khawatir, Guys! Kalo kalian sudah mulai belajar buat nyusun yang namanya skala prioritas, pasti ga bakal kelimpengan banget kok. Emangnya apa sih itu skala prioritas?

Nah, skala prioritas itu adalah suatu daftar tentang kebutuhan yang berurut dari status paling penting, penting, sampai kurang penting. Jadi, selama masih menjadi mahasiswa, harus bisa untuk menyusun skala ini, pasti udah pernah kan belajar sebelumnya di SMP pas pelajaran IPS. Kalo belum, jangan-jangan dulu kalian loncat kelas nih waktu SMP atau mungkin selalu bermimpi ketika di kelas.

3. Hemat Pangkal Selamat

Pepatah yang satu ini emang paling cocok sama mahasiswa. Bukan sulap, bukan sihir, kalo kita hemat pasti bakalan selamat. Dikutip dari sebuah pepatah "Hemat Pangkal Kaya". Sebenarnya, hematnya seorang mahasiswa ga bikin mahasiswa itu jadi kaya, tapi bikin mahasiswa itu selamat. Ya, selamat gitu. Selamat dari kejaran hutang yang mungkin akan numpuk di warung ketika tanggal tua. Dan selamat tidak mati kelaparan karena ga boleh kasbon sama ibu warung. Hehehe,,, selamat deh!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x