Mohon tunggu...
Cepi Nugraha
Cepi Nugraha Mohon Tunggu...

Seorang suami dan ayah dari 3 buah hati. Membuat beberapa tulisan bertemakan usaha cetak (grafika), teknologi, hikmah, dsb. di beberapa blog, diantaranya RumahCahaya.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Peluang Usaha Percetakan, Bahkan Tanpa Modal

2 Maret 2013   21:49 Diperbarui: 24 Juni 2015   17:25 7590 0 4 Mohon Tunggu...

Sebelum lanjut ke tulisan tentang peluang usaha percetakan, sebagai pendatang baru di Kompasiana terlebih dulu saya ucapkan, "Assalamu'alaikum, salam kenal buat Anda semua, teman dan sahabat senior, serta para sesepuh kompasianer yang telah lebih dulu bergabung dengan Kompasiana. Perkenankan juga saya untuk turut berbagi tentang beberapa hal dari sedikitnya pengetahuan, pengalaman, bahkan mungkin berbagai hal lain yang ada di benak dan pikiran ini, yang sekiranya bermanfaat buat sesama. Terimakasih.."

Baik, saya akan lanjutkan membuat tulisan pertama saya sesuai dengan judul di atas, yaitu 'Peluang Usaha Percetakan, Bahkan Tanpa Modal', dengan dua sub judul berikut: Mengetahui Peluang Usaha Percetakan, serta Bagaimana Memulai Usaha Percetakan Bagi Pemula?

Kita mulai dengan sub judul yang pertama...



Mengetahui Peluang Usaha Percetakan

Untuk mengetahui peluang usaha/bisnisnya, kita harus melihat bagaimana produknya sendiri dibutuhkan, dan hal ini sangatlah mudah, karena kita hanya tinggal melihat ke sekitar tempat dimana kita duduk sekarang, atau mungkin melihat ke sekitar tempat kita berjalan, bekerja, serta berbagai aktifitas lainnya.

Yuk, coba lihat pada sebagian dinding bagian dalam rumah, merupakan hal yang biasa bila di sana terpajang kalender tahunan, poster gambar artis kesayangan, poster bertuliskan kaligrafi, rumus matematika, bahkan mungkin juga wallpaper, dsb. Buku-buku bacaan yang terdapat di lemari/rak buku serta berbagai majalah yang terdapat di ruang tamu pun itu semua produk dari percetakan.

Di saat seseorang mengetuk pintu, memberikan kartu undangan pernikahan, khitanan, atau di saat seorang kurir paket pengiriman barang menyerahkan kertas resi kiriman barang pun, itu semua merupakan produk dari bisnis percetakan.

Saat bekerja serta beraktifitas di luar rumah pun, sudah menjadi pemandangan biasa bila kita melihat spanduk-spanduk kampanye terpampang di pinggir jalan, banner dan dus-dus berbagai kemasan berbagai produk yang bisa dilihat di pertokoan, nota belanja yang diberikan kasir, kop surat dan berbagai surat-surat lainnya seperti faktur atau surat jalan, brosur-brosur, katalog menu di rumah makan, dll. yang semuanya itu merupakan produk dari percetakan. Eh, bahkan jika saat ini kita memakai baju kaos yang ada tulisan serta gambarnya, maka kemungkinan besar tulisan dan gambar tersebut merupakan produk percetakan.

Wah, tidak mungkin untuk disebutkan satu persatu semua produk dari percetakan tersebut, yang jelas berbagai macam produk cetak dibutuhkan oleh hampir setiap orang di setiap harinya, dan karena alasan inilah maka saya katakan, "Peluang usaha percetakan cukup besar"



Bagaimana Memulai Usaha Percetakan Bagi Pemula?

Sebelum membuka usaha percetakan, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x