Mohon tunggu...
Urip Widodo
Urip Widodo Mohon Tunggu... Peg BUMN - Write and read every day

Senang menulis, membaca, dan nonton film, juga ngopi

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Menikahi Kakak Calon Istri

27 Januari 2023   06:00 Diperbarui: 27 Januari 2023   06:07 120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi menikah/sumber: kompas 

  • Based true story

Tahun 1999 saya punya teman kuliah, tapi beda jurusan. Teman saya itu orang Cirebon. Dia punya kenalan seorang mahasiswi Unpad (Universitas Padjajaran Bandung) yang berasal dari Lampung, sebut saja namanya Melati (tentu bukan nama sebenarnya).

Saya tidak tahu bagaimana teman saya itu bisa berkenalan dengan Melati. Namun, tiba-tiba saja di suatu hari, teman saya itu mengatakan kepada saya dan teman-temannya yang lain, bahwa akan dia akan segera menikahi Melati. Saya dan teman-teman yang lain tentu saja men-support-nya.

Beberapa hari kemudian dia pun berangkat ke Lampung untuk menemui orangtua Melati. Saya tidak bisa ikut mengantar saat itu.

Namun, entah apa yang terjadi. Setelah teman saya itu silaturrahim ke orangtua Melati di Lampung, ternyata ada sesuatu yang terjadi. Sesuatu yang istimewa dan unik bagi saya.

Rupanya Melati itu punya kakak perempuan yang belum menikah. Entah apa yang didiskusikan di keluarga mereka, sehingga kemudian Melati mengalah dan merelakan teman saya itu untuk menjadi suami kakaknya.

Keputusan keluarga Melati itu pun disampaikan ke teman saya. Semula ada kebingungan melanda teman saya itu. Dia pun mengajak saya dan teman-teman yang lainnya untuk berdiskusi, membicarakan hal tersebut. Setelah berdiskusi, teman saya itu setuju menerima keputusan keluarga Melati, untuk menikahi kakak Melati.

Beberapa bulan kemudian, pernikahan teman saya dengan kakaknya Melati pun berlangsung di Lampung. Saya pun waktu ikut serta mengantar. Dan, itu pengalaman saya pertama menginjak tanah Sumatra.

Jodoh memang rahasia Allah Swt. Kita tidak bisa memaksa kalau bukan jodoh, dan juga tak bisa menolak kalau itu memang jodoh kita. Seperti yang dialami teman saya ini. Berniat menikahi Melati, jadinya menikah dengan kakaknya. Pernikahan mereka pun harmonis, dan dikaruniai beberapa anak.

Beberapa tahun kemudian Melati pun menikah, kebetulan pula, dengan seseorang yang saya kenal. Keluarga mereka pun harmonis, sekarang tinggal di Lampung.

Percayalah! Allah, Yang Maha Pencipta, sudah mempersiapkan seseorang yang terbaik untuk kita, sebagai jodoh kita. Bahkan, jauh sebelum kita lahir dari Rahim ibu kita, Dia telah menetapkan siapa jodoh kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun