Mohon tunggu...
Urip Widodo
Urip Widodo Mohon Tunggu... Lainnya - Write and read every day

Senang menulis, membaca, dan nonton film, juga ngopi

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Kisah-Kisah yang Terinspirasi Al-Quran

2 Agustus 2022   13:50 Diperbarui: 2 Agustus 2022   13:56 174 10 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penampakkan Sampul dan Daftar Isi buku 30 Kisah Inspirasi Qur'ani/dokpri

30 Kisah Inspirasi Qur'ani, demikian judul buku yang akan saya 'bicarakan' ini. Buku ini adalah buku kumpulan cerpen (cerita pendek) yang semua kisahnya mengambil inspirasi dari Al-Quran. Semuanya ada 30 kisah sesuai jumlah juz di dalam Al-Quran.

Penulisan buku ini dilaksanakan di bulan Ramadan kemarin. Diprakarsai oleh Opinia, platform media sosial karya dan milik anak negeri, yang menyelenggarakan lomba menulis cerpen di bulan Ramadan.

Uniknya, berbeda dengan lomba menulis yang pernah saya ikuti, peserta lomba menulis cerpen yang diselenggarakan Opinia ini diharuskan menulis cerpen setiap hari, dan lomba dilaksanakan selama 30 hari, selama bulan Ramadan.

Uniknya lagi, tema untuk cerpen ditentukan setiap hari, yaitu harus mengambil inspirasi dari ayat-ayat Al-Quran yang ada di juz 1 sampai juz 30. Jadi, hari pertama harus mencari inspirasi dari ayat-ayat Al-Quran yang ada di juz 1. Hari kedua harus mencari inspirasi dari ayat-ayat Al-Quran yang ada di juz 2, dan seterusnya sampai hari ke-30 inspirasi dari ayat-ayat yang ada di juz 30.

Pemenang pun dipilih setiap hari. Jadi setiap hari ada 3 cerpen pemenang; juara 1, juara 2 dan juara 3. Dengan hadiah, juara 1 dapat uang 150 ribu, juara 2 uang 200 ribu, dan juara 3 dapat uang 50 ribu.

Menurut saya, selama mengikuti beberapa kali lomba menulis, lomba menulis cerpen dari inspirasi Al-Quran ini sangat berkesan. Bagaimana tidak? Selama sebulan penuh, setiap hari jadi 'terpaksa' membaca terjemah Al-Quran. Dari surat pertama, al-Fatihah sampai surat terakhir an-Nas. Dari awal juz sampai akhir juz, untuk mencari inspirasi (ide). Padahal sebelum-sebelumnya saya membaca terjemah Al-Quran ketika membutuhkan saja, itu pun beberapa ayat saja.

Selain itu, saya jadi 'dipaksa' juga menulis cerpen setiap hari. Padahal selama ini saya seringnya menulis artikel non-fiksi. Dan, alhamdulillah ... akhirnya saya bisa mengikuti lomba ini full 30 hari. Artinya saya berhasil menulis cerpen setiap hari.

Alhamdulillah ... dari 30 cerpen yang saya ikutkan lomba, 2 cerpen menjadi juara 1, 2 cerpen menjadi juara 2, dan 1 cerpen menjadi juara 3. Total hadiah yang saya terima lebih dari 500 ribu, alhamdulillah.

Kemudian, ke 30 cerpen yang menjadi juara 1 dari hari pertama sampai hari ke-30 dibukukan dan diterbitkan. Jadi, di dalam buku ini ada 30 kisah yang inspirasinya diambil dari Al-Quran. Setiap pemenang juara 1 masing-masing mendapat 1 buku, gratis.

"Tema-tema kisah yang diangkat para penulis menunjukkan keluasan pesan yang diajarkan dalam Al-Quran. Bercampur imajinasi dan gaya bercerita yang memukau, 30 Kisah Inspirasi Qur'ani menjadi kumpulan cerita yang ringan tetapi dengan refleksi yang mendalam. Beberapa di antaranya rupanya juga memuat pesan moderasi, yang menjadi konsen Institut Moderasi Indonesia (InMind)". Demikian Pak Rizaldi Lutfi, Ketua Institut Moderasi Indonesia (InMind) menulis di Prolog buku ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan