Mohon tunggu...
UPDM (B)
UPDM (B) Mohon Tunggu... Dosen - Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) adalah universitas terkemuka yang didirikan oleh Prof. Dr. Moestopo bersama dengan Ibu R.A. Soepartin Moestopo pada tahun 1962 dan berada di Jakarta Selatan, Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

RSGM FKG Universitas Moestopo dan BPJS Kesehatan Berkolaborasi

28 Oktober 2021   17:15 Diperbarui: 28 Oktober 2021   17:16 76 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang telah melanda dunia 2 tahun terakhir telah memberi dampak besar di berbagai lini kehidupan. Pelayanan kesehatan gigi dan mulut sangat terdampak oleh pandemi ini karena risiko yang besar terhadap penularan Covid-19.

Kenyataan ini tentu berefek pula pada Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) FKG Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) yang tetap harus memberi pelayanan pada pasien umum yang berpotensi memberikan risiko penularan Covid-19 maupun pasien positif dengan kasus darurat.

Tentu semua pelayanan kesehatan ini harus tetap diberikan sambil tetap membuat langkah untuk meminimalisasi risiko penularan dan menciptakan balancing act.

Di sisi lain, pada RSGM juga ada peserta didik yang tengah memperdalam ilmu mereka dengan terjun langsung membantu masyarakat. Penurunan jumlah layanan pun menjadi hal yang memprihatinkan dalam rangka mencapai kompetensi peserta didik baik pada program profesi maupun spesialis.

"Pandemi yang menyebabkan banyak efek pada kehidupan sosial, kesehatan dan pendidikan ini tentu membuat tugas kita menjadi lebih berat. Namun, Saya harap jangan jadikan ini sebagai hambatan, tapi jadikanlah ini sebagai tantangan," kata Rektor Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Prof. Dr. Rudy Harjanto, M.Sn.

Foto Dok UPDM (B)
Foto Dok UPDM (B)
Salah satu solusi yang menurut Prof. Rudy sangat membantu adalah kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Sebab saat ini rumah sakit pemerintah maupun swasta yang menjadi mitra BPJS Kesehatan terlihat lebih dapat optimal dalam memberikan pelayanan pada masa pandemi Covid-19.

Semua hal itu dibicarakan dalam Webinar Perumahsakitan dengan tema 'Optimalisasi Peran Rumah Sakit Gigi dan Mulut dalam Pelayanan Kesehatan dan Pendidikan pada Masa Pandemi Covid-19'.

Pada kesempatan yang sama Dekan FKG UPDM (B) Prof. Dr. drg. Burhanuddin Daeng Pasiga, M.Kes. menjelaskan kalau RSGM yang menjadi RSGM Pendidikan mempunyai dua misi yakni misi pendidikan dan misi pelayanan.

"Karena RSGM Moestopo lahir sebagai wahana tempat praktek skill calon dokter gigi," ujarnya.

Hal ini tentu sejalan dengan visi Bapak Pendiri Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) yang ingin sekali aktif dalam pengabdian kepada masyarakat, dan dengan dukungan BPJS ke depannya diharapkan dapat lebih luas melayani masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan