Mohon tunggu...
Universitas BSI
Universitas BSI Mohon Tunggu... Lainnya - Lembaga Pendidikan

Akun resmi Universitas Bina Sarana Informatika

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Peluang dan Tips Membangung StartUp

15 November 2021   12:42 Diperbarui: 29 November 2021   09:01 66 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Memiliki usaha  yang terkenal dan berkembang, pasti menjadi impian bagi banyak orang, apalagi kalau punya bisnis startup. Yup, startup merupakan bisnis yang usianya masih terbilang baru, atau lebih jelasnya usaha yang baru saja merintis dengan pemanfaatan teknologi digital. Ciri dari startup sendiri merupakan salah satu usaha yang masih berkaitan erat dengan teknologi seperti, web, aplikasi ataupun jenis lainnya.

Namun, diantara banyaknya masyarakat Indonesia, ada sebagian orang yang masih awam akan mendirikan usaha dalam memulai, mendirikan hingga mengembangkan start up.  

Baca Juga : 10 Bahasa Pemrograman Paling Populer

Padahal, membangun stratup tak hanya harus punya modal yang banyak saja, melainkan ada beberapa hal yang harus di perhatikan. Seperti dengan membentuk tim yang solid, kepercayaan diri dan masih banyak lagi. Selain harus memerhatikan beberapa tips tersebut, peluang dari startup juga sangat luas.

Peluang Bisnis Start Up di Indonesia

Banyak peluang untuk mendirikan bisnis start up. Salah satunya, di Bandung. Dimana daerah tersebut memiliki komunitas sendiri, yakni Bandung Digital Valley dan Asosiasi Inkubator Indonesia.

Selain itu, perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia telah melakukan program rutin inkubasi dan pelatihan bisnis, sama halnya dengan Google Gapura Digital. Oleh karenanya, saat ini di Indonesia, telah memiliki 1000 pelaku bisnis dengan perkembangan yang cukup baik.

Meski sudah banyak yang menjalankan usaha startup, namun start up di Indonesia masih belum bervariasi, layaknya di Amerika Serikat. Maka dari itu, jika ingin memiliki atau membangun startup di Indonesia, carilah celah pasar yang sudah ada kemudian kembangkan.

Tips Dalam Membangun Startup

Membangun start up tidaklah mudah, banyak sekali pengusaha-pengusaha yang baru saja merintis, hanya dapat berjalan ditempat, bahkan gagal dan menyerah. Untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut terdapat beberapa tips untuk kamu yang ingin membangun startup.

1. Jangan Cepat Puas

Tips pertama yang harus dilakukan, jika ingin membangun startup yakni jangan cepat puas dengan hasil sendiri. Teruslah mencari-cari celah yang masih kosong, juga banyak bertanya dan belajar cara mengembangkan start up.  Sebab, seseorang yang punya startup harus dapat memberikan sebuah jawaban bagi permasalahan dan juga pasar yang sudah ada.

2. Percaya Diri

Tips kedua yakni tetap percaya diri. Namanya usaha pasti ada pasang surutnya, kadang di atas dan kadang di bawah. Namun, kita sebagai pelaku usaha jangan pernah punya pikiran untuk menyerah, oleh karena itu, harus tetap semangat.

Dalam membangun startup yang sukses, kita terlebih dulu harus bisa meyakinkan diri kita, bahwa start up yang akan dibuat dapat memberikan manfaat serta dapat berkembang dan bertahan lama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan