Mohon tunggu...
Universitas BSI
Universitas BSI Mohon Tunggu... Lainnya - Lembaga Pendidikan

Akun resmi Universitas Bina Sarana Informatika

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mudah Belajar Statistika Seperti Bermain Game Interaktif untuk Siswa

8 Juli 2021   13:55 Diperbarui: 8 Juli 2021   13:56 111 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mudah Belajar Statistika Seperti Bermain Game Interaktif untuk Siswa
Edukasi Statistika Visual Novel/Dokumen Pribadi

Meskipun di tengah pandemi, mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) tetap aktif berkontribusi dalam ajang nasional, salah satunya LIDM 2021.

LIDM (Lomba Inovasi Digital Mahasiswa) sendiri menjadi kegiatan akbar yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Budaya. Salah satu perwakilan Universitas BSI adalah tim 'Salemba Valley'.

Baca Juga : Cerita Sukses Alumni Universitas BSI Pontianak dalam Kembangkan Bisnis Souvenir 

Dalam ajang LIDM 2021 ini, Salemba Valley bergabung di divisi Inovasi Materi Digital Pendidikan. Anggota Salemba Valley terdiri dari Eleanus Bazikho selaku ketua, yang beranggotakan Maulana Ashadi Noor, Muhammad Rizqi, dan Bara Kusuma dengan dosen pembimbing, Hanggoro Aji Al Kautsar.

Maulana, mahasiswa akhir prodi Teknologi Komputer Universitas BSI dan sebagai perwakilan tim berharap mereka bisa lolos ke babak final.

"Tentu saya bersama tim melakukan yang terbaik dengan semaksimal mungkin. Mulai dari diskusi terkait materi yang diangkat, media yang digunakan, dan cara menyampaikannya. Harapannya, tentu kami ingin lolos ke babak final," ujar Maulana, Sabtu (5/7) silam.

Ia menjelaskan bahwa aplikasi dikembangkan timnya bisa menjadi sebuah media pembelajaran matematika untuk materi statistika. Di mana media yang mereka gunakan adalah permainan interaktif visual novel.

"Alasan kami memilih permainan visual novel, karena menurut kami sangat mudah dimainkan. Siswa hanya perlu menekan layar dan memilih opsi yang disediakan," ungkapnya.

Didalamnya terdapat animasi dan gambar yang menarik. Dalam penyampaian materi pun kami sesuaikan. Jadi, siswa tidak merasa sedang belajar, melainkan sedang bermain.

Berita tentang keikutsertaan tim Salemba Valley didukung penuh oleh kaprodi Teknologi Komputer Universitas BSI, Rachmat Adi Purnama.

"Saya sangat mengapresiasi keikutsertaan mahasiswa prodi Teknologi Komputer Universitas BSI atas partisipasinya mengikuti kegiatan LIDM ini. Hal ini tentu akan menjadi pengalaman dan pengembangan potensi mereka dalam mengeksplorasi kreativitas yang dimiliki," pungkasnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan