Mohon tunggu...
Universitas Ahmad Dahlan
Universitas Ahmad Dahlan Mohon Tunggu... Lainnya - Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Universitas Ahmad Dahlan Kirim Relawan ke Cianjur

3 Desember 2022   11:35 Diperbarui: 3 Desember 2022   11:53 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelepasan tim relawan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ke Cianjur (Foto: Bidang Humas dan Protokol UAD) 

Bencana gempa bumi yang melanda Cianjur, Jawa Barat, pada Senin, 21 November 2022 lalu memberikan dampak yang cukup besar baik dari segi materiil hingga mengakibatkan korban jiwa. Dengan sigap, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) turut mengirim Relawan Psikososial sebanyak 20 mahasiswa serta 10 relawan dokter muda dan tim medis Fakultas Kedokteran. Mereka bersinergi dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) DIY dan MDMC Nasional.

Penerjunan tim relawan dilakukan pada Kamis, 1 Desember 2021, dan berlokasi di Hall Kampus I UAD. Utik Bidayati, S.E. M.M. selaku Wakil Rektor Bidang Keuangan, Kehartabendaan, dan Administrasi Umum UAD menyampaikan, Relawan Psikososial akan ditugaskan selama kurang lebih 30 hari. Sementara untuk relawan tim medis akan ditugaskan secara bertahap sesuai arahan MDMC.

Dekan Fakultas Psikologi UAD, Elli Nur Hayati, M.P.H., Ph.D., Psikolog. dalam sambutannya memaparkan bahwa pengiriman relawan ini juga merupakan manifestasi dari psikologi tanpa batas.

"Psikologi tidak hanya terbatas pada layanan berbayar tetapi juga dapat hadir pada situasi darurat. Dan yang lebih penting, kami berupaya untuk membangun kembali semangat masyarakat yang terdampak musibah. Saya sangat bangga dan berterima kasih kepada para relawan yang telah bersedia mendedikasikan waktu, tenaga, dan pengetahuan yang telah dipelajarinya untuk memberikan andil bagi masyarakat sekitar," paparnya.

Ketua Pusat Studi Mitigasi Penanggulangan Bencana (PSMPB) UAD, Dholina Inang Pambudi, M.Pd., menjelaskan bahwa diterjunkannya para relawan tersebut sekaligus membantu memulihkan psikologis warga yang terdampak, khususnya anak-anak. Di bawah komando One Muhammadiyah, One Respons (Omor), para relawan akan bertugas sesuai arahan koordinator MDMC. (eka)

uad.ac.id

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun