Mohon tunggu...
Universitas Ahmad Dahlan
Universitas Ahmad Dahlan Mohon Tunggu... Lainnya - Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Ikuti SIIF 2022 Korea Selatan, Mahasiswa UAD Kenalkan Pengobatan "Kurkumin"

2 Desember 2022   09:19 Diperbarui: 2 Desember 2022   09:27 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tim Mahasiswa Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bersama Gogot Suharwoto (KBRI Seoul) dalam acara SIIF 2022 (Foto: Khapita)

Mahasiswa Program Studi (Prodi) S1 Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang terdiri atas Khapita Nurin N., Galuh Trinidad, Aulia Husnia, serta Faizah Nariswari, mengadakan pengabdian masyarakat internasional pada 1619 November 2022. Bertempat di Gangnam, Korea Selatan, mereka melakukan kegiatan pengabdian bersamaan dengan kompetisi Seoul International Invention Fair (SIIF) 2022.

Masih selaras dengan tema prototipe yang diusung dalam SIIF 2022 yaitu kurkumin, Tim Farmasi UAD membahas kaitannya dengan kasus gagal ginjal akut (GGA) pada anak yang sempat marak terjadi beberapa waktu lalu. Mereka membagikan informasi mengenai perkembangan kasus tersebut di Indonesia dan bagaimana penanggulangannya.

Sebab di Indonesia, kasus ini memang cukup mengkhawatirkan dan meresahkan para orang tua yang memiliki anak kecil. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia per tanggal 3 November 2022, jumlah kasus GGA tercatat sebanyak 323 orang dengan 190 kematian.

Dengan latar belakang tersebut, maka edukasi tentang GGA dirasa penting untuk dilakukan. "Terutama tentang kaitannya dengan kurkumin sebagai bahan alam yang bisa digunakan untuk berbagai pengobatan," terang Khapita selaku ketua tim.

Dalam kesempatan tersebut, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul Gogot Suharwoto, Ph.D. juga turut hadir menyambangi stan dari Tim Farmasi UAD. Ia antusias dan memberikan respons yang sangat baik. Selain itu, prototipe yang dibawa oleh tim pun mendapatkan dukungan penuh darinya. (tsa)

uad.ac.id

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun