Mohon tunggu...
Universitas Ahmad Dahlan
Universitas Ahmad Dahlan Mohon Tunggu... Lainnya - Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Selanjutnya

Tutup

Joglosemar

Biro SDM Universitas Ahmad Dahlan Adakan Orientasi untuk Dosen Baru

19 September 2022   13:08 Diperbarui: 19 September 2022   13:17 23 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Biro Sumber Daya Manusia (BSDM) menggelar orientasi untuk dosen baru Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: BSDM UAD)

Biro Sumber Daya Manusia (BSDM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar orientasi untuk dosen baru pada 1516 September 2022. Acara ini diikuti oleh 25 dosen baru yang direkrut pada periode 2022 dan dihadiri oleh rektor, jajaran wakil rektor, dan Badan Pembina Harian (BPH) UAD.

Sama halnya dengan orientasi pada umumnya, kegiatan ini merupakan arena awal pengenalan bagi para dosen baru. Mereka digembleng selama dua hari penuh dan mendapatkan materi yang beragam dari banyak narasumber. Target utama dari orientasi tersebut adalah dosen dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja barunya.

Dr. Norma Sari, S.H., M.Hum. sebagai Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) UAD menjelaskan bahwa orientasi merupakan agenda yang wajib diikuti oleh seluruh pegawai baru UAD. "Dosen baru sebagai pegawai sekaligus kader Muhammadiyah tentu perlu menggabungkan moral dan intelektual serta bekerja secara inovatif dan professional. Tanpa keduanya, dosen akan sulit meraih karier tertingginya di perguruan tinggi," tutur Norma.

Hal senada juga disampaikan oleh Rektor UAD Dr. Muchlas, M.T., bahwa dosen UAD perlu mengembangkan lima pilar kompetensi yaitu pedagogik, profesional, sosial, kepribadian, dan ideologis. "Di samping itu, untuk menjadi pribadi yang unggul dan berkemajuan, dosen juga harus memiliki growth mindset untuk menghadapi situasi sulit," imbuhnya.

Pada hari pertama, materi yang disampaikan meliputi etos kerja, pengenalan visi misi dan tujuan UAD, internalisasi dan implementasi dharma Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di UAD, serta kewajiban dosen dalam dharma pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian. Sementara untuk hari kedua, peserta mendapatkan materi tentang pengembangan karier dan kesejahteraan dosen.

Dengan kemasan acara yang dibalut secara santai tetapi tetap hikmat, diharapkan para dosen baru dapat menyerap materi secara optimal untuk selanjutnya diaplikasikan dalam kehidupan kampus. Selain itu, harapannya mereka juga dapat selalu menerapkan prinsip ta'awun atau dedikatif agar mampu memajukan bangsa melalui dedikasi ilmunya. (tsa/ve)

uad.ac.id

Mohon tunggu...

Lihat Konten Joglosemar Selengkapnya
Lihat Joglosemar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan