Mohon tunggu...
Ahmad UnggulPrima
Ahmad UnggulPrima Mohon Tunggu... Mahasiswa - sangat suka film

suka berbagi jenis film

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

E-sport adalah Olahraga Terbaik Generasi Z

26 Juli 2021   10:32 Diperbarui: 26 Juli 2021   10:58 81 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
E-sport adalah Olahraga Terbaik Generasi Z
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Mungkin sudah tidak asing lagi di telinga istilah generasi Z. Kumpulan orang yang masuk dalam kategori ini adalah mereka yang lahir di tahun 1995 sampai 2010. Umumnya generasi Z merupakan generasi yang berhubungan erat dengan internet. Mereka selalu terhubung dengan internet mulai dari sosmed sampai dengan game online. Dengan kemajuan teknologi kita bisa mengakses semuanya hanya dengan gadget yang terhubung dengan internet. Maka jangan kaget jika anak-anak kecil sekarang sudah kecanduan dengan gadget karena kemudahannya.

Dengan mahirnya teknologi yang dikuasi oleh anak-anak generasi Z menjadikan game online sebagai ajang pembuktian, bahwa sekarang game online bisa dijadikan sarana olahraga yang menjanjikan. Dunia E-sport sekarang banyak digandrugi oleh kawula muda di Indonesia, sebuah fenomena yang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya.  

Karena, E-sport itu sendiri memiliki beberapa anggota yang anggotanya sendiri masih anak-anak muda. E-sport sendiri masuk dalam ajang Asian Games 2018 kemarin. E-sport masuk dalam ajang olahraga karena, E-sport memerlukan stamina yang lebih dibandingkan catur dan dalam E-sport sendiri memerlukan Kerjasama tim yang kuat. 

Oleh karena itu, E-sport sekarang menjadi olahraga yang diminati oleh generasi Z.
Sudah bukan rahasia umum lagi, dalam dunia E-sport banyak melahirkan pemain-pemain kelas dunia. Selain itu, pendapatan dari permainan yang basisnya online ini sangat menjanjikan. 

Oleh karena itu, pemerintah gencar menjadikan eSport sebagai cabang olahraga, karena mereka melihat peluang di eSport bisa menjadi pemasukan ekonomi di era 4.0. 

Tapi, bagi beberapa masyarakat mengganggap eSport itu sebagai kegiatan yang tidak menghasilkan dan buang-buang waktu. Disisi lain eSport juga bisa membuktikan cara pandang anak muda untuk mencari penghasilan tidak melulu harus kerja kantoran, tapi dengan kita bermain game di manapun kita bisa menghasilkan pendapatan yang lumayan. 

Sebab itu, kenapa eSport menjadi cabang olahraga yang dimintai oleh anak-anak muda genersai Z. Dengan cara kita berdiam diri di rumah kita sudah bisa menjadi atlet professional maupun menjadi konten creator eSport yang ada di Indonesia maupun seluruh dunia.

Namun, dalam merintis karir sebagai pemain professional e-Sport bukanlah suatu hal yang mudah. Faktanya, saat ini sebagian besar dunia e-Sport diisi oleh anak-anak generasi Z yang tentunya masih dalam usia sekolah.

 Oleh karenanya, perlu adanya pertimbangan yang baik agar dunia e-Sport ini tidak menggangu aspek pendidikannya. Dalam segi finansial, dunia e-Sport tentunya memerlukan biaya modal yang tidak sedikit. 

Kebutuhan yang diperlukan untuk menjadi pemain professional e-Sport antara lain yaitu pemenuhan koneksi internet yang baik serta perangkat pendukung game yang harganya tidaklah murah. Kebutuhan ini sangat diperlukan karena dapat menunjang kemampuan pemain dalam bermain game. 

Sehingga para muda-mudi generasi Z perlu pertimbangan lebih untuk terjun ke dalam dunia e-Sport ini.
Dalam dunia e-Sport juga dapat mengajarkan pola hidup sehat bagi para pemainnya. Pada dasarnya masyarakat menganggap bahwa seorang pemain game biasanya diidentikan dengan pola hidup yang buruk. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN