Unggul Sagena
Unggul Sagena Pekerja Sosial

Suka Menulis. Suka Berteman. Suka Pasir Pantai. Pengelola Akun @unggulcenter dan Blog www.unggulcenter.org

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Prima di "Aftersales" dan "Dealer", Kualitas Wuling Confero MPV untuk Keluarga Indonesia

3 Januari 2018   23:32 Diperbarui: 4 Januari 2018   12:33 1087 0 0
Prima di "Aftersales" dan "Dealer", Kualitas Wuling Confero MPV untuk Keluarga Indonesia
Wuling Motors di Jalan Padjadajaran, Kota Bogor

Ada yang baru di Bogor, kota tempat saya berdomisili. Bukan tempat rekreasi baru, bukan juga hotel dimana sekarang ini masih pesat pembangunannya, tapi Dealer Kendaraan Bermotor yang lagi nge-hits dengan produk mobil CONFEROberjenis MPV (Multi Purpose Vehicle).

Conferoini saya sudah lama dengar, dan kata banyak orang, sangat layak untuk mobil keluarga, jauh lebih baik dibanding kelas "bawah" nya mobil pabrikan Jepang yang bekerjasama dengan perusahaan lokal. Apalagi, motto Confero sebagai "The Real Spacious Family MPV" menggugah banget bagi saya yang berkeluarga.

Nama Confero sendiri dari Bahasa Latin yang berarti "untuk menyatukan", dan S pada Confero S itu untuk "sporty". Jadi bedanya Confero S dengan roofrail sporty di atas. Kedua tipe ini target idaman menarik kalau memang benar sesuai dengan apa yang saya dengar.


Menyambangi Dealer Confero Bogor

Saya memang penasaran, dan ternyata, Wuling, nama perusahaan yang mengeluarkan Confero, ada di Bogor!  Ya, Lokasi Dealer Wuling Bogor: Jl. Raya Pajajaran, Bogordan sangat strategis, berani bersaing dengan beberapa Dealer mobil besutan Jepang dan Korea di Area jalan yang sama, Jalan Padjadjaran.

Ini Menarik. Bagi saya, ini mengindikasikan semangat kompetitif dan tak mau kalah. Sehingga saya ingin mencoba  mendatangi  Dealer ini untuk menanyakan soal produk Confero maupun Wuling secara keseluruhan. Pada tanggal 7 Desember, agak sore, saya ke dealer Wuling Bogor karena sengaja agar bisa santai untuk eksporasi.

Saya bertemu dengan Kepala Cabang Wuling Bogor, termasuk kebetulan ada GM After Sales PT Saic General Motors Wuling (PT SGMW Motor Indonesia), APM Wuling Motors yang sedang ada di Cabang Bogor, jadi saya memilih untuk sedikit obrol-obrol dengan beliau.


Jamin AfterSales Terbaik

Berikut ini petikan vlog saya dengan GM AfterSales Wuling Motors (SGMW Indonesia) yang sedikit banyak bercerita mengenai garansi dan layanan aftersales terbaik dari Wuling Motors. Info lengkap mengenai layanan purna jual wuling dapat dilihat di https://wuling.id/id/purna-jual

Tepat, karena memang Wuling dikabarkan berani berkompetisi dan menjadi yang terbaik di area aftersales. Selain itu Wuling membangun pabrik di Cikarang yang beralamat di : PT SGMW MOTOR INDONESIA, Greenland International Industrial Center (GIIC), Blok BA No. 1, Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, Jl. Tol Jakarta-Cikampek KM 37,KodePos: 17530.

Tentu, keberadaan pabrik di Indonesia membuat perbedaan besar dengan "mobil china" jaman OLD yang dulu sempat datang ke Indonesia.

pabrik-wuling-motors-cikarang-5a4d1bc8b9850c6d736ad408.jpg
pabrik-wuling-motors-cikarang-5a4d1bc8b9850c6d736ad408.jpg


Confero menjadi efisien dalam segi harga maupun layanan, dan terjamin aftersalesnya. Pabrik ini yang membuat kendaraan dan memasok suku cadang ke dealer seluruh Indonesia, juga beberapa agenda prima di after salesyang berbeda.

Pertama,Memastikan dealer prima dengan 100% beroperasi layanan sales, service and spare part yang prima di setiap dealer.Saat ini, jaringan dealer Wuling sedang konsentrasi membangun banyak dealer dengan layanan aftersales prima.

Kedua, beberapa agenda brandingdan after sales service, misalnya, mengunjungi pemilik dan memberikan hadiah, servis mobil Confero di rumah, dan garansi-garansi sparepart yang aman dan nyaman.

Mantab kan ternyata?

Kualitas MPV Untuk Keluarga Indonesia

Produk Wuling Motors juga menarik. Langsung menambal keinginan keluarga Indonesia yang biasanya suka dengan mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) tiga baris. Ini sesuai dengan kondisi karakter keluarga di Indonesia.

Yang diinginkan dan tak ada di banyak merk mobil MPV pabrikan Jepang dan Korea adalah harga berbanding fitur yang optimal. Tak jarang, hanya "membeli merk" maka harga berbeda. Padahal, kalau aftersales terjaga, isu ini tidak bakalan ada.

Sedangkan Confero, bisa ditengok spesifikasinya, tak kalah. Confero yang diproduksi di Cikarang ini memiliki konfigurasi 7-seat (Captain Seat) dan 8-seat dengan tiga pilihan varian seri Confero, yaitu Confero 1.5, Confero S 1.5C, Confero S 1.5L yang mencerminkan mesin 1500 cc, optimal di kelas MPV level atas.

Selain pernah menengok fisiknya di gelaran pameran otomotif beberapa bulan lalu di daerah Bekasi, kali ini, saya melihat lagi jajaran Varian Confero berwarna Carnelian Red, Starry Black, Pristine White, Dazzling Silver dan Sand Brown yang siap dipasang plat nomor F kalau nanti dibeli ini.

Keunggulan Confero S ditunjang dengan garansi umum kendaraan 3 tahun atau 100.000 KM. Bahkan untuk komponen mesin dan komponen utama transmisi 5 tahun. Suku cadang 1 tahun atau 100.000 KM. Juga Bebas biaya jasa perawatan berkala 2,5 tahun atau 50.000 KM

Untuk harga suku cadang, 20% lebih murah dan setiap jaringan dealer sudah menerapkan 3S (Sales, Service, Sparepart) terintegrasi dengan pabrik di Cikarang untuk ketersediaan stok suku cadang yang tidak akan susah dicari. Komponen suku cadang Wuling juga tak main-main, perusahaan komponen otomotif ternama seperti YFKSS, Nexteer, dan Asahimas Flat Glassikut mendukung.

Confero, Sang MPV Untuk Keluarga Indonesia
Confero, Sang MPV Untuk Keluarga Indonesia


Untuk asuransinya sendiri, ternyata memiliki unit asuransi Wuling Motors Insurancememberikan perlindungan maksimal untuk kenyamanan berkendara, tanpa ribet ke pihak ketiga.

Perlindungan Penuh, Biaya Penggantian suku cadang orisinal, Perlindungan atas kerugian barang pribadi, Layanan informasi 24 jam, layanan mobil derek, penggantian kendaraan baru yang sejenis, hingga premi kompetitif dan bonus voucher servis dan perawatan menjadi daya tarik tersendiri untuk membawa pulang Confero ke garasi rumah.

Dibanderol dengan harga 130 jutaan hingga 165 jutaan (Pekan Raya Jakarta, 2017 Juni) Confero jauh lebih murah dengan kualitas "Chevrolet Spin" dan aftersales. Bagi pengguna yang jeli, akan mempertimbangkan betul untuk Confero.



Menurut saya, bukan khayalan, kalau Confero optimis bakal menggeser Avanza dan Xenia di kelas yang sama. Di Jawa Barat sendiri, ternyata ada 4 Dealer Wuling. Di Cianjur, Bogor, Bandung dan Sukabumi. Total Jendral, sampai dengan akhir 2017 ini, sudah terdapat 52 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia yang siap melayani keluarga Indonesia. List dealer dapat dilihat di https://wuling.id/dealers

Dengan presentase penduduk provinsi terpadat di Indonesia, Jawa Baratmemang butuh Wuling, butuh Confero untuk mobilitas keluarga sehari-hari. Indonesia, butuh mobil keluarga yang seperti ditawarkan oleh Confero. 

Wuling Confero Berwarna Putih Susu selain Berwarna Merah Marun
Wuling Confero Berwarna Putih Susu selain Berwarna Merah Marun


Begitulah hasil pengamatan saya di Wuling Confero Bogordan sedikit wawancara. Semoga Wuling Confero dapat memenuhi aspirasi keluarga Indonesia dengan mobil yang terjangkau dengan fitur optimal. Plus kualitas yang dapat diandalkan.

Apalagi, motto "Drive for a Better Life" dari Wuling mengindikasikan semangat membantu masyarakat keluarga untuk berkendara demi kehidupan yang lebih baik. Untuk keluarga Indonesia. Saya, sebagai warga bogor, pun mempertimbangkan betul untuk membawa Confero ke rumah, mungkin suatu saat kalau ada rejeki.