Mohon tunggu...
Undito Rahmad
Undito Rahmad Mohon Tunggu... Program Manager -

Selanjutnya

Tutup

Bola

Mewahnya Transfer Pemain Sepak Bola

12 Januari 2018   10:43 Diperbarui: 12 Januari 2018   12:31 853
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Akhir-akhir ini selama beberapa bulan yang lalu dunia olahraga khususnya sepakbola selalu dihebohkan dengan perpindahan pemain yang harganya sangat diluar batas dan wajar kalau dipikirkan dengan akal sehat sangat tidak masuk akal dengan uang yang sangat banyak berpuluh juta  bahkan menebus angka ratusan juta dollar maupun poundsterling hanya untuk memindahkan satu pemain ke klub yang lain, ini memang terlihat sangat gila bahkan tidak masuk di akal. Tapi ini sudah menjadi suatu hal wajar yang pada akhirnya kita mendengarnya hanya menggelengkan kepala saja pertanda setuju atau "ya sudahlah" uang mereka atau klub juga masih sangat banyak.

Tetapi beberapa hari terakhir membaca saga transfer salah satu pemain bintang sepakbola di klub inggris dengan transfer ke klub yang lain dengan nilai yang sangat fantastis,pertanyaannya apakah pantas untuk satu orang pemain dihargai yang sangat mahal untuk pindah ke klub lain. Jawabannya ada dua menurut saya, yang pertama adalah sangat pantas dan wajar jika pemain tersebut sudah banyak memberikan pengaruh,peningkatan performa secara individu atau secara tim menjadi lebih bagus karena secara otomatis pemain tersebut akan dihargai secara layak, serta pemain tersebut sudah banyak memberikan gelar terhadap klub ataupun secara pribadi.

Yang kedua menurut saya ada yang belum layak ketika pemain dihargai sangat tinggi dan cenderung terlalu mahal karena hanya akan meningkatkan penjualan serta nilai komersil dan pemanfaatan nama besar sang pemain yang pada akhirnya sang pemain bukan semakin berkembang namun semakin tidak menentu di sebuah klub besar serta harus lebih sering duduk hangat dibangku cadangan.

Saya mengambil salah satu contoh saja dari beberapa pemain yang memang layak dihargai secara mahal,kenapa saya mengambil contoh pemain ini karena isu transfer yang paling hangat saat ini adalah pemain tersebut, apakah Phillipe Coutinho layak dibanderol secara mahal dengan nilai transfer kurang lebih 160 juta USD,jawaban saya layak kenapa karena saya melihat walaupun memang belum pernah bertemu langsung dengan beliau tetapi dari beberapa gambar dan foto yang saya lihat, terlihat secara individu pemain yang bersangkutan bahagia atas perpindahan ini dan bukan hanya sekedar bentuk komersil saja walaupun ada sisi yang mengharuskan begitu. Ini juga terlihat sesuai dengan kebutuhan tim yang ada,walaupun sekali lagi belum ada gelar satupun yang diberikan pemain ini terhadap klub lamanya.

Sebenarnya masih banyak pemain lain yang dibanderol sangat mahal namun pada akhirnya hanya sebagai cameo disebuah klub tersebut yang ada di benak saya adalah Ricardo Izecson alias "Kaka"yang benar-benar sangat minim dalam memberikan kontribusi terhadap klubnya Real Madrid. Serta menjadi penghangat bangku cadangan dan kalah bersaing dengan pemain-pemain lainnya. 

Ini menurut saya bukan perkara baik atau jeleknya pemain tersebut dan saya yakin ini bukan perkara tehnik bermain sepakbola mereka dan saya yakin mereka diatas rata-rata dalam sebuah tim ataupun individu namun sekali lagi ini berkaitan dengan kebutuhan dan ada nilai bahagia dalam bermain sepakbola,kalau hanya mengandalkan nama besar pemain serta nilai komersil, sementara pemain tidak ataupun belum  bahagia didalam sebuah klub nantinya akan mempengaruhi performa individunya.

Sebenarnya masih banyak pemain berkualitas secara individu maupun tehnik ataupun secara pribadi yang dibanderol harga murah dan pas-pasan justru akan mengangkat performanya ataupun performa secara tim,itu yang saya lihat waktu setahun belakang yang cukup fenomenal kepada pemain yang bernama Dimitry Payet di West Ham United, asal pemain bahagia dan menikmati bermain sepakbola semuanya menjadi mungkin. Masih banyak yang belum bisa saya sebutkan satu persatu

"Soccer is simple, but it is difficult to play simple." - Johan Cruyff

Yang saya simpulkan dari tulisan ini dalam bermain sepakbola terutama dalam pembelian pemain dari yang paling mahal sampai yang paling murah kita harus lihat individu tersebut nampak bahagia dan terlihat nyaman atau hanya sekedar komersil belaka. Saya menulis ini karena saya peduli bahwa bermain olahraga apapun selama kita merasakan bahagia,nyaman dan ikhlas pada akhirnya hanya menunggu waktu saja untuk dihargai selangit.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun