UNSUR-UNSUR UTAMA DALAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Pendidikan sangatlah penting bagi pendidikan peserta didik di masa mendatang. Begitu pula dengan pendidik dalam melaksanakan proses belajar mengajar haruslah mengetahui seluk beluk tentang pendidikan. Bukan berarti seorang guru yang telah berkecimpung dalam pengalaman belajar, berarti guru tersebut telah benar-benar menguasai tekhnik pendidikan. Dalam hal penyampaian diperlukan alat-alat bantu untuk mencapai hasil yang diinginkan. Adapun alat-alat bantu yang mendukung proses berlangsungnya pendidikan dibedakan menjadi dua macam yaitu alat bantu hardware dan alat bantu software.
ØUnsur software atau perangkat lunak
Adapun yang dimaksud alat atau perangkat software adalah semua perangkat pembelaharan dalam pendidikan yang berupa konsep, rencana, dan metode serta kurikulum dalam pengajaran. Adapun yang termasuk dalam perangkat lunak adalah sebagai berikut:
1.Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945 pasal 31
2.Garis Besar Haluan Negara(GBHN) Ketetapan MPR No.II Tahun 1999
3.Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas No.30 Tahun 2003)
4.Peraturan Pemerintah (PP) No. 27 Tahun 2004
5.Garis Besar Pedoman Pengajaran (GBPP) 2004
6.Kurikilum 2006
Dalam kurikulum itu sendiri terdapat unsur-unsur pembentuk antara lain sebagai berikut:
1.RPP
2.Program semester
3.Program tahunan
4.Kalender pendidikan
ØUnsur-unsur hardware atau perangkat keras
Unsur perangkat keras atau hardware adalah semua jenis yang berupa alat peraga atau alat bantu, yang berguna untuk mempermudah proses belajar mengajar yang disampaikan seorang guru pada peserta didik agar peserta didik lebih cepat menerima materi yang diberikan oleh seorang pendidik. Adapun yang masuk dalam alat bentuk hardware atau alat bantu perangkat keras adalah sebagai berikut:
1.Alat audio visual (seperti TV,VCD dan sebagainya)
2.Alat audio (seperti tape recorder dan pita kaset, radio)
3.Alat visual (seperti poster hewan-hewan, organ-organ tubuh manusia, peta, proyektor, OHP) dan benda-benda yang lain yang dapat menunjang terjadinya proses belajar.
Source: Teknologi Pendidikan, Mohammad Arif (2010) hlm 3-5