Sudarto KS
Sudarto KS Dokter

Berkeluarga dengan 2 orang anak

Selanjutnya

Tutup

Humor

Penggalan Cerita Orang Pinggiran

12 Mei 2019   23:40 Diperbarui: 12 Mei 2019   23:43 54 1 1

Permainan gaple salah satu permainan yang banyak dikenal di masyarakat . Pemainnya dari seluruh lapisan tidak memandang status sosial , pendidikan dan usia.Cara mainnya mudah dan aturannya pun beragam.' Bisa dimainkan perorangan atau berpasangan seperti bridge. Beberapa tulisan menyebutkan asal usul permainan ini berasal dari Cina , berkembang ke Eropa dan mancanegara. Pada momen momen tertentu permaianan ini sering di lombakan secara masal berpasangan.

Uncle ingin berbagi cerita tentang lomba masal gaple dalam rangka pernikahan anak salah satu warga ketika tinggal di desa yang terpencil di Pulau Sumatera. Pada satu meja sudah duduk 2 pasangan yang akan bertanding adalah Pak Camat yang berpasangan dengan Kepala Desa melawan Pandai Besi berpasangan dengan Uncle. Pak Camat selain jago main gaple juga jago berpantun . Penonton yang menyaksikan cukup ramai mengelilingi meja tersebut karena yang berlomba orang yang terpandang di Desa dan sering menjadi juara pada lomba gaple di Desa. Setelah panitia lomba memberikan penjelasan tentang peraturan lomba, permainan pun dimulai dan seperti biasa Pak Camat melakukan psywar dengan berpantun.

"Musim tanam telah tiba

Semaikan benih ditengah sawah

Walaupun permainan baru dimulai, sudah dapat ditebak pemenangnya

Karena lawan sepertinya belum bertanding tapi sudah menyerah"

Semua penonton menyambutnya dengan tertawa terkekeh dan memberikan dukungan kepada pemain Putaran pertama dan kedua dimenangkan Pasangan Pak Camat, namun pertandingan belum selesai karena belum mencapai nilai tertentu. Pak Camat tampak senyum dan bersalaman dengan pasangannya, petanda memuji kemahirannya dalam bermain berpasangan sambil berkata

Buah kelapa dikeringkan menjadi kopra

Dimasukkan kekarung dan dijual ke kota

Tidak salah saya memilih pasangan bermain dengan Kepala Desa

Bermain teliti dan akurat analisanya

Si Pandai Besi yang sesungguhnya jago pantun juga dan Uncle senyum senyum saja sambil garuk-garuk kepala yang tidak gatal. Suasana kembali hening ketika babak selanjutnya dimulai. Pada babak ini dimenangkan oleh pasangan uncle. Sang tukang pandai besi buka suara.

"Padi menguning ditengah sawah

Petanda musim panen telah tiba

Berjuang terus tanpa mengenal nyerah

Saatnya kami menuai nilai angka-angka"

Gelak tawa penonton pecah kembali mendengar celotehan situkang pandai besi.Lawanpun ikut tertawa gembira,Pada babak berikutnya pasangan uncle menang kembali dan kali ini raut wajah lawan agak berubah tegang terutama pak Camat yang langsung menyindir pasangannya

"Terang bulan terang dikali

Terasa nikmat bila ditemani secangkir kopi

Sudah dikasih isyarat berulang kali

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2