Mohon tunggu...
Siti Ryanti Nur F. S.
Siti Ryanti Nur F. S. Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Universitas Airlangga

Hubungan Internasional

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Mengenal Etnis Roma, Kelompok Minoritas yang Mendominasi Eropa

5 Juli 2022   02:12 Diperbarui: 5 Juli 2022   02:17 300 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kelompok Roma atau Romania merupakan sebuah kelompok etnis yang berasal dari India, sebelum akhirnya bermigrasi ke kawasan lain. Perjalanan migrasinya bergerak dari Persia sebelum akhirnya mulai menyebar ke berbagai kawasan di benua Eropa pada abad ke-14. 

Bahasa yang digunakan oleh orang Roma utamanya adalah Bahasa Romawi, kemudian diikuti bahasa-bahasa yang identik dengan Indo-Eropa maupun bahasa di kawasan mereka tinggal. 

Etnis Roma seringkali disebut sebagai masyarakat Gipsi, yang mana seharusnya penggunaan ini dihindari, karena orang-orang dari Etnis Roma sendiri menganggap sebutan ini sebagai sesuatu yang berkonotasi menghina. Mereka lebih memilih untuk dikenal dan dipanggil sebagai Roma. 

Peninggalan budaya-budaya Roma beragam yang mana berkisar dari Bahasa Romawi, yang seperti kita ketahui sekarang menjadi bahasa yang sangat dikenal dan diapresiasi, dan bentuk kebudayaan lainnya yang banyak terklasifikasi sebagai bentuk kesenian seperti tarian Flamenco dan lain sebagainya. 

Dahulu kala, saat Kelompok Roma masih berpindah-pindah tempat singgahan, pekerjaan yang ditekuni juga menyesuaikan dengan kebiasaan berpindah mereka. 

Sektor pekerjaan utama lelaki Roma adalah pedagang ternak dan pemusik, di mana perempuan Roma banyak yang juga berkerja menjual berbagai ramuan dan juga meramal. Karena pekerjaannya ini, sejumlah petani banyak meminta saran dari Kelompok Roma perihal peternakan. 

Seiring berjalannya waktu, kebiasaan Kelompok Roma yang berpindah-pindah tempat tinggal semakin berkurang dan mulai banyak dari kelompoknya yang mulai menggunakan gaya hidup menetap. 

Pada masa ini, Kelompok Roma tetap mempertahankan mata pencahariannya dalam bidang ternak dan menggunakan keahliannya di dalam bidang pekerjaan yang lebih luas, contohnya pada taman hiburan dan sirkus keliling. 

Kedua sarana hiburan ini sering menggunakan hewan sebagai objek hiburan yang mana keterampilan Kelompok Roma dalam menangani hewan dibutuhkan dalam pelaksanaan operasionalnya. Selain pada peternakan, Kelompok Roma juga mengembangkan mata pencahariannya di bidang perdagangan. 

Meskipun eksistensi dari Kelompok Roma masih ada hingga sekarang dan malah menjadi etnis minoritas yang mendominasi hampir seluruh kawasan di Benua Eropa, bukan berarti bahwa kelompok ini luput dari masalah-masalah yang menimpanya. 

Pada realitanya, Kelompok Roma mengalami beberapa masalah seperti preservasi kebudayaan Roma dan diskriminasi yang dihadapi oleh kelompok tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan