Mohon tunggu...
Umsida Menyapa
Umsida Menyapa Mohon Tunggu... Jurnalis - Humas

Humas Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Elektro Umsida Juara 1 World Robotic for Peace 2022

6 Desember 2022   11:11 Diperbarui: 6 Desember 2022   11:27 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim Robot teknik elektro Raih Juara 1 diajang World Robotic for Peace 2022 dalam kategori robot sumo 3 kg. Juara kelas Internasional ini diraih oleh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida)  yang di ikuti dari beberapa negara seperti Malaysia, Thailand, Singapura dengan total 150 peserta.

Selasa 29/11 dua mahasiswa teknik elektro bersama pembimbingnya berangkat menuju Negeri Jiran untuk mengkompetisikan karya mereka. Tidak diduga Jumat 02/12 mereka menyampaikan berita gembira atas keberhasilannya meraih Juara 1 dalam kejuaraan Internasional ini.

Yoga Eko Prasetyo dan Bagas Dewantara adalah mahasiswa yang beruntung meraih hasil yang luar biasa ini, sesuai dengan kerja keras yang telah mereka lakukan

Yoga dan Bagas menyampaikan bagaimana karyanya bisa berhasil mengalahkan para kompetitor tingkat internasional.

"Karya yang kami buat berupa robot sumo yang telah diupgrade ke versi yang lebih baik dengan mengaca dari robot sumo yang kami bawa ke kompetisi di bekasi, alhasil robot sumo yang baru lebih agresif dan kuat untuk melawan robot lawan", jelasnya.

Tentunya dibalik hasil yang memuaskan pastinya usaha yang luar biasa juga mereka lakukan dalam mempersiapkan karya mereka agar mampu bersaing dengan ratusan peserta dari beberapa negara lainnya.

"Persiapan yang kami lakukan meliputi perancangan hardware dan software, dari hardware meliputi pembuatan body robot dan pembuatan pcb, untuk softwarenya meliputi pemrograman robot dan pemrograman smartphone untuk mengontrol jalannya robot, hal ini kami lakukan selama 1 bulan," ungkapnya.

Ternyata prestasi membanggakan ini bukanlah prestasi pertama yang mereka dapatkan, justru dari keberhasilan sebelumnya mereka mampu terus mengembangkan diri bahkan mereka berharap ini bukanlah akhir dari perjalanan prestasi mereka.

"Prestasi yang pernah diraih sebelumnya juara 2 nasional robot sumo competition 2022 di unisma bekasi, dan runner-up inotek tahun 2020 sejawa timur, tentu saja kami berharap masih bisa meraih prestasi yang lebih banyak lagi di ajang bergengsi lainnya," ucap yoga dengan mengungkapkan keoptimisannya

Dalam interview bersama kami mereka mengungkapkan rasa syukur yang luar biasa bahkan mereka memberi motivasi kepada para pembaca maupun teman-teman mahasiswa lainnya tentang apa kunci kesuksesan mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun