KKNP 59 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) meluncurkan logo baru untuk produk kopi lokal milik salah satu UMKM di desa Lebakjabung, kecamatan Jatirejo, kabupaten Mojokerto.
Lihat juga: KKNP 43 Umsida Branding Desain UMKM Tejowangi Melalui Pembuatan MMT
Kegiatan ini merupakan bagian dari program penguatan branding produk lokal guna meningkatkan daya saing kopi Lebakjabung di pasar yang lebih luas. Â
Tak Banyak Produk Kopi yang Dikenal
Desa Lebakjabung memiliki salah satu UMKM penghasil kopi berkualitas di Mojokerto.
Namun, banyak produk kopi lokal dari desa ini yang belum memiliki identitas visual yang kuat, sehingga sulit untuk dikenal oleh pasar yang lebih luas.Â
Menyadari hal tersebut, KKNP 59 Umsida berinisiatif membantu UMKM dengan menciptakan logo baru yang lebih profesional dan menarik. Â
Peluncuran logo ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk kopi lokal serta memperkuat identitas merek agar lebih menarik di pasar.Â
Dengan desain yang lebih modern dan profesional, diharapkan produk kopi dari Desa Lebakjabung dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Â
Menurut Ketua KKNP 59 Umsida, Muchmmad Shobakhut Tohirin desain logo baru ini merupakan hasil diskusi dan kerja sama dengan pemilik usaha kopi di desa tersebut.Â
Ia menjelaskan bahwa logo lama diganti dengan logo baru agar lebih menarik, mudah dikenali, serta dapat meningkatkan daya saing produk di pasar yang lebih luas. Â
"Ketika kami berkunjung pada pertengahan Januari lalu, kami melihat bahwa logo salah satu UMKM kurang menarik, karenanya kami para mahasiswa umsida ingin membantu memperbarui logo tersebut agar memiliki identitas visual yang lebih kuat sehingga dapat bersaing di pasar yang lebih luas," ujar Shobakhut. Â