Mohon tunggu...
Ummi Silvia Siregar
Ummi Silvia Siregar Mohon Tunggu... Penulis - KKN-DR 73

UINSU

Selanjutnya

Tutup

Healthy

5 Tips Mengatasi Stress saat Bekerja di Kantor di Tengah Pandemi

14 Agustus 2020   14:25 Diperbarui: 14 Agustus 2020   15:07 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

 Lembaga Biologi Molekuler atau LBM Eijkman, pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda akan usai. Seluruh dunia (termasuk Indonesia) masih berupaya menemukan vaksin sehingga belum bisa dipastikan kapan pandemi akan berakhir.


Dengan adanya pandemi Covid-19 tidak dapat dipungkiri bahwa perekonomian Indonesia saat ini sedang berada dalam kondisi yang bisa dibilang "sangat tidak stabil". Untuk hal itu roda perekonomian harus tetap berjalan.  Sehingga, dengan terpaksa kita diharuskan bisa beradaptasi dan hidup 'berdampingan' dengan virus ini atau dapat dikatakan pula "new normal".


New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. (Wiku Adisasmita, Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19).


Saat masa new normal ini, para pekerja sudah ada yang bekerja di kantor. Ternyata, bekerja di kantor pada situasi pandemi Covid-19 dapat menimbulkan kekhawatiran para pekerja. Terlebih jika ada pekerja nakal yang tidak peduli dengan protokol kesehatan. Hal ini dapat menimbulkan kecemasan bagi pekerja lainnya yang sudah mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan jika para pekerja merasa stres saat bekerja di kantor di tengah pandemi Covid-19. Simak 5 tips berikut ini:

1. Pahami caramu bereaksi terhadap stres

Pertama-tama pahami bagaimana cara diri sendiri saat menghadapi stres. Apakah merasa sakit kepala, merasa sesak napas, atau sakit perut? Jika telah menyadari ini, maka dapat mencari cara untuk mengatasinya. Salah satunya dengan menarik napas dalam-dalam untuk menghilangkan kecemasan.

2. Cari cara untuk mengurangi stress

Cari cara bagaimana mengurangi stres dan bagaimana mengatasinya. Ketika akan berangkat kerja, pikirkan bagaimana cara pergi ke tempat kerja, cara berinteraksi dengan rekan kerja, atau cara saat makan agar aman dari Covid-19. Perencanaan yang matang akan meringankan pikiran dan mengurangi stres.

3. Bicarakan dengan atasan atau rekan kerjamu

Sebelum  memulai bekerja kembali di tempat kerja, tanyakan pada atasan dan rekan kerja bagaimana protokol kesehatan yang ada di tempat kerja guna menjamin keamanan dan kesehatan bersama. Bicarakan juga cara bekerja dan berinteraksi dengan rekan-rekan kerja agar sesuai dengan protokol kesehatan.

4. Laporkan bila terjadi apa-apa

Jika melihat ada rekan yang kurang sehat dan itu membuat diri sendiri cemas, segera bicarakan hal tersebut. Bicarakan dengan hati-hati agar orang lain tidak tersinggung. Sebab di tengah pandemi Covid-19 rekan yang kurang sehat memang sebaiknya work from home.

5. Ambil waktu istirahat

Jika merasa stres dan khawatir di tempat kerja, cobalah untuk beristirahat sejenak. Ambil 10 menit waktu untuk menarik napas atau melakukan meditasi singkat. Atau juga bisa mencoba merilekskan pikiran dengan meminum segelas teh hangat dan pikirkan hal-hal yang menyenangkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun