Bahasa

Ketrampilan dalam Bahasa Arab

27 September 2018   12:29 Diperbarui: 27 September 2018   12:54 77 0 0

Bahasa Arab merupakan bahasa Al quran, bahasa komunikasi dan informasi. Bahasa Arab juga merupakan kunci untuk mempelajari ilmu-ilmu lain, dikatakan demikian karena buku-buku bermacam-macam ilmu pengetahuan pada zaman dahulu banyak ditulis dengan menggunakan bahasa arab, jadi jika ingin menguasai ilmu dalam buku-buku tersebut dahulu harus bisa berbahasa arab.

Dalam pembelajaran bahasa arab terbagi 4 keterampilan diantaranya : maharah istima', maharah kalam, maharah qiroah dan maharah kitabah. Dalam penguasaan bahasa arab, keempat maharah tersebut harus benar-benar dipelajari dan dipahami. 

Maharah Istima' yakni kecakapan dalam mendengarkan teks-teks ataupun perkataan dalam bahasa arab. Maharah Kalam yakni kecakapan dalam mengucapkan kalimat-kalimat berbahasa arab. Maharah Qiroah yakni kecakapan membaca teks-teks berbahasa arab. Maharah Kitabah yakni kecakapan dalam menulis teks atau kalimat bahasa arab. Dari keempat keterampilan berbahasa tersebut memiliki urgensi masing-masing untuk membentuk kemampuan bahasa arab yang maksimal.

 Ketahui dalam mempelajari bahasa arab ada alur yang mudah dalam memahaminya. Berawal dari seringnya  mendengar lagu-lagu, berita yang berbahasa arab ataupun mendengarkan atau menyimak orang yang sering berbahasa arab maka bisa jadi akan dengan cepat menirunya. Dan secara spontan kitapun jika berada dilingkungan berbahasa maka akan berbicara dari apa yang di dengar walaupun masih salah dalam tataan bahasanya.

Tak cukup mendengarkan kitapun harus sering membaca buku-buku atau kitab-kitab yang berbahasa arab entah ilmu apa saja itu. Dengan seringnya membaca maka dengan berjalannya waktu dapat menulis. Dalam hal menulis disitulah puncak seseorang dalam memahami bahasa arab dengan baik