Mohon tunggu...
Siti Rohmatul Ummah
Siti Rohmatul Ummah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Semarang yang tertarik dalam bidang bahasa dan jurnalistik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tiga Tahun Tak Dibuka, Mahasiswa UNNES Giat 3 Memberdayakan Kembali Perpustakaan SDN 1 Candimulyo

6 Desember 2022   16:38 Diperbarui: 6 Desember 2022   17:09 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wonosobo - Pendidikan merupakan salah satu pilar penting dalam membangun bangsa dan menciptakan generasi penerus yang bermartabat dan bermutu dalam kehidupan. Salah satu kegiatan untuk memajukan pendidikan itu sendiri ialah dengan meningkatkan kualitas pendidikan melalui adanya perpustakaan sekolah yang menunjang proses pendidikan. Perpustakaan sekolah sebagai sarana essensial dalam lingkup pendidikan karena pusat kegiatan pendidikan mulai dari bahan pembelajaran, informasi, bahan rekreasi penunjang progam kurikulum berada di perpustakaan sekolah.

Perpustakaan merupakan bagian penting dalam pendidikan yang harus ada sebagai wadah pengembangan literasi, informasi, pengajaran, dan kebudayaan. Tidak seharusnya apabila sekolah tidak memiliki perpustakaan yang layak bagi siswa dan warga sekolah. Oleh karena itu, demi menunjang mutu pendidikan yang lebih baik mahasiswa UNNES Giat 3 memberdayakan kembali perpustakaan di SDN 1 Candimulyo yang selama kurang lebih tiga tahun tidak dibuka karena alasan pandemi.

perpustakaan-sdn-1-candimulyo-sebelum-di-berdayakan-638f149908a8b5307c19a472.jpg
perpustakaan-sdn-1-candimulyo-sebelum-di-berdayakan-638f149908a8b5307c19a472.jpg
Pemberdayaan perpustakaan sekolah dilaksanakan selama kurang lebih satu minggu antara tanggal 1 sampai dengan 11 November 2022.

Pemberdayaan dimulai dengan membersihkan perpustakaan dan menata ulang perpustakaan. Kegiatannya yaitu memilih dan memilah buku, alat peraga dan alat praktikum yang masih layak untuk digunakan, sedangkan buku tak layak dikumpulkan dan selanjutnya diolah oleh pihak sekolah. Penataan ulang perpustakaan dilakukan dengan cara menata ulang rak, meja, buku-buku, serta bahan lainnya sesuai jenis agar mudah ditemukan. Selanjutnya, memasang kembali pajangan yang ada di perpustakaan sesuai dengan fungsinya.

Selain membersihkan dan menata ulang perpustakaan, Mahasiswa UNNES Giat 3 juga melakukan sosialisasi kepada para siswa. Sosialisasi tersebut berisi tentang pentingnya belajar literasi, pengenalan buku-buku di perpustakaan, serta penting dan serunya berkegiatan di perpustakaan agar siswa bersemangat untuk belajar dan mengunjungi perpustakaan sekolah.

Diharapkan dengan adanya kegiatan pemberdayaan tersebut dapat meningkatkan tingkat literasi informasi di SDN 1 Candimulyo melalui perpustakaan sekolah yang dibuka kembali. Perpustakaan dapat dijadikan sebagai sarana belajar yang utama bagi siswa, dan dapat menyediakan akses bacaan dan sumber belajar yang sesuai bagi siswa SD. 

para-siswa-membantu-membersihkan-perpustakaan-638f14b5d287dd3c70409372.jpeg
para-siswa-membantu-membersihkan-perpustakaan-638f14b5d287dd3c70409372.jpeg
mahasiswa-unnes-giat-3-bersama-guru-sdn-1-candimulyo-638f14dc8c39af20531abe72.jpg
mahasiswa-unnes-giat-3-bersama-guru-sdn-1-candimulyo-638f14dc8c39af20531abe72.jpg

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun