Mohon tunggu...
Umi Salamah
Umi Salamah Mohon Tunggu... Penulis - Selamat datang di duniaku

Umi Salamah, lahir di Cilacap, 8 Agustus 2001

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Jagalah Selagi Digenggam, Takdir Bisa Saja Kejam

20 Juni 2020   10:05 Diperbarui: 8 Desember 2021   21:09 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

BROKEN

Judul buku: Broken

Pengarang: Lilis Suryani

Penerbit: Aria Media Mandiri

Tahun terbit: 2017

Tebal halaman: 402 halaman

Buku fiksi berupa novel ini menceritakan tentang kisah cinta Aura yang selalu berujung menyakitkan. Kisah dimulai ketika Aura harus menjalin cinta jarak jauh dengan kekasihnya, Raka. Namun, suatu ketika Aura harus menerima kenyataan bahwa Raka sebenarnya pergi bukan karena untuk menempuh pendidikan, tetapi ia memiliki penyakit mematikan. 

Selepas kebenaran itu Aura ketahui dan ia mendapat kabar bahwa Raka telah meninggal, ada seseorang yang hadir menjadi pelipur lara bagi Aura. Gibran, sosok lelaki manja, tapi begitu penuh dengan kasih sayang. 

Aura pada akhirnya mencintai Gibran meski sebelumnya tak peduli dengan lelaki itu. Namun lagi-lagi, Aura harus menerima fakta menyakitkan, sebab Gibran pun akhirnya pergi meninggalkan. Lagi-lagi, Aura harus terpisah dengan orang yang ia sayang karena kematian. Kisah di novel ini berakhir menyedihkan karena tokoh Gibran meninggal sebab kanker lambung yang dideritanya.

Kelebihan dari novel ini adalah bahasanya ringan dan mudah dimengerti, sesuai dengan sasaran yaitu para remaja. Selain itu, penulis mampu memainkan emosi pembaca dari sedih, senang, bahkan marah. Karakter dari masing-masing tokoh pun terasa hidup. Konflik yang dibangun oleh penulis berhasil. Alur yang diciptakan logis dan membuat pembaca menerka-nerka apa yang akan terjadi selanjutnya.

Sayangnya, ada beberapa adegan yang dikemas kurang baik oleh penulis, sehingga suasana dalam adegan tersebut kurang hidup. Ada pula beberapa kesalahan penulisan tanda baca dalam novel ini. Namun, kelebihan yang ada dalam buku ini dapat menutupi kekurangannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun