Mohon tunggu...
umi qoimatulhusna
umi qoimatulhusna Mohon Tunggu... mahasiswi IAIN Jember

Hidup itu tangan dan ibadah

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Pengertian Filsafat Pendidikan Perenialisme dan Tokoh-tokohnya

12 Mei 2020   21:47 Diperbarui: 12 Mei 2020   22:01 23 1 0 Mohon Tunggu...

A. Pengertian Filsafat Pendidikan Perenialisme

Perenialisme merupakan aliran pendidikan yang lahir pada abad ke-20. Secara bahasa Perenialisme berasal dari kata "perenial" yang bermakna abadi, kekal, dan tanpa akhir.
Aliran perenialisme beranggapan bahwa tradisi dipandang sebagai prinsip-prinsip yang abadi dan akan terus mengalir sepanjang sejarah manusia.
Perenialisme berpendapat bahwa pendidikan itu lebih menuju ke masa lampau yang di anggap ideal, dan memberikan pengetahuan adanya suatu nilai-nilai kebenaran yang jelas, absolut, dan abadi.

   Perenialisme mempunyai 4 prinsip dalam pembelajaran:

1. Adanya kebenaran yang memiliki sifat universal.
2. Harus melibatkan pencarian pemahaman atas kebenaran.
3. Didalam suatu kebenaran bisa ditemukan dalam karya agung
4. Mengembangkan beberapa pandangan tokoh perenialisme terhadap pendidikan

B. Tokoh-tokoh Filsafat Pendidikan Peqrenialisme

1. Robert Maynard Hutchins
Lahir pada tanggal 17 januari 1899 dan meninggal pada tnggal 14 mei 1977. Robert merupakan filsuf yang berasal dari amerika serikat. Ia memiliki pendapat bahwa bahwa dalam pendidikan harus menumbuhkan kecerdasan dan harmoni manusia. dan ia berpendapat juga tujuan pendidikan yaitu mengembangkan akal pikir dan mengembangkan daya intelektual, dan harus menekankan pendidikan bersifat universal dan Rasional.

2. Ortimer J. Adier
Lahir pada tanggal 28 Desember 1902 dan meninggal pada tanggal 28 Juni 2001. Ortimer seorang berpendapat bahwa manusia merupakan makhluk rasional dan hakikat yang akan sepanjang sejarahnya. Manusia juga memiliki kemampuan intelektual aktif yang bisa melakukan berbagai tidakan, seperti halnya seni, membaca, melihat, mendengar, berbicara dan berfikir.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x