Mohon tunggu...
umi qoimatulhusna
umi qoimatulhusna Mohon Tunggu... Guru - mahasiswi IAIN Jember

Hidup itu tangan dan ibadah

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Aliran-aliran Filsafat Pendidikan, Tokoh-tokoh Filsafat Pendidikan, Pemikiran Kunci Filsafat Pendidikan

27 Maret 2020   01:08 Diperbarui: 10 April 2020   18:12 2407 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

A. Aliran-aliran Filsafat Pendidikan

1) Aliran filsafat dealisme

Idealisme adalah filosofis yang mempunyai ciri khas yang berpusat bahwa ide hanya kebenaran realitas. Dalam mencari sebuah kebenaran, keindahan dan keadilan yang abad.

Plato orang yang mencetuskan pandangan bahwa aliran idealisme yang termasuk.Didalam bukunya terdapat dua dunia, yakni dunia spiritual yang abadi, permanen dan universal.

Dapat dipahami bahwa alira idealisme adalah suatu aliran filsafat yang memiliki cara pandang  bahwa hakekat segala sesuatu terkadi pada ide manusia. Kebenaran yang nyata sebenarnya muncul lebih dahulu dalam realitas ide dan pikiran, bukan dari hal-hal yang bersifat materi.

2) Aliran Filsafat Parenialisme

Parenialisme adalah suatu aliran pendidikan yang lahir pada abad ke 20. Parenialisme lahir dan bereaksi terhadap pendidikan progresif. Parenialisme berpandamgan bahwa situasi dunia ini sudah dewasa dan penuh kekacauan, keraguan, terutama dalam kehidupan moral, intelektual dan sosio-kultural.

Saran yang ditawarkan pada kaum parenialisme merupakan  jalan mundur kebelakang dengan menggunakan kembali nilai atau prinsip umum yang menjadi pandangan hidup yang kuat di zaman kuno dan abad pertengahan.

Pandangan plato dan Aristoteles mewakili peradaban kuno yunani, serta ajaran Thomas Aquinas dari abad pertengahan. Kaum parenialisme mempercayai adanya ajaran dari tokoh-tokoh tersebut mempunyai kualitas yang dapat dijadikan tuntutan hidup dan kehidupan manusia pada abad ke 20 ini.

3) Aliran Filsafat Esensialisme

Merupakan aliran filsafat yang menginginkan agar manusia kembali pada kebudayaan lampau. Yang paling dipedomani adalah Renaissance, yaitu tumbuh dan berkembang diarea abad 11,12,13 dan 14 M. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan