Mohon tunggu...
Umi NurBaity
Umi NurBaity Mohon Tunggu... Pecinta literasi dan alam semesta

Man jadda wa jadda

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Berkah Semangat Belajar Daring

22 September 2020   12:02 Diperbarui: 22 September 2020   12:10 20 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berkah Semangat Belajar Daring
Sumber gambar: Tribunnews.com


Belajar online adalah solusi terbaik yang bisa diambil di saat pandemi sekarang ini. Setiap pagi para murid diharuskan membuka handphone setiap ada tugas dari guru. Bahkan, ada yang mengeluh karena terkendala dalam pembelajaran daring. 

Banyak anak-anak Indonesia yang memiliki masalah dan kendala masing-masing. Mulai dari tugas-tugas sekolah yang menumpuk, sinyal yang tidak mendukung, hingga tidak punya fasilitas handphone. 

Sampai ada yang memutuskan untuk putus sekolah karena tidak punya handphone. Saya sendiri juga pernah meminjam handphone tetangga saat mengerjakan tugas karena handphone rusak. Walaupun dalam keadaan sulit sekalipun saya akan tetap semangat mengerjakan kewajiban sebagai pelajar. 

Begitu pula dengan seorang anak kecil yang bernama Joko Pramono yang diberi handphone gratis karena semangatnya dalam belajar.

Dilansir dari Tribunnews.com (21/9/2020) media sosial Tik Tok diramaikan dengan video seorang anak bernama Joko Pramono yang diberi handphone gratis di sebuah toko ponsel milik Riekemeilani. Info tersebut diambil dari akun Tik Tok @riekemeilani23, pada (17/9/2020).

Pemilik toko tersebut menjelaskan bahwa saat Joko mau membeli handphone di tokonya, uang yang di bawa kurang. Maklum karena anak itu seorang anak yatim dan ibunya buruh cuci yang pendapatannya tidak seberapa. Jadi handphone itu diberikan pada Joko secara gratis agar Joko terus semangat belajar daring.
Masya Allah, dari situlah kita sebagai pelajar harus bersyukur karena masih diberikan kemudahan, diberikan fasilitas lengkap, dan pastinya semangatnya juga lengkap dong. Walaupun Joko anak yang sederhana tapi semangatnya luar biasa, jangan kalah dong semangatnya sama Joko.

Apa pun kendala yang kita hadapi pasti akan ada peluang jalan keluar terbaik yang sudah Allah subhanahu Wata'ala berikan untuk kita. Tugas kita sebagai manusia hanya bisa berikhtiar melakukan yang terbaik. Kita kan sebagai pelajar kan ya, seharusnya kita bisa berprestasi di tengah pandemi covid-19 yang melanda. Ingat ada kedua orang tua kita yang berjerih payah membesarkan dan merawat kita dari kecil. Mereka berharap anak-anaknya bisa mendapatkan kehidupan yang layak, makan yang enak, pendidikan yang tinggi, dan pekerjaan yang mapan. Kedua orang tua kita saja nggak pernah malas bekerja keras demi anak-anaknya, lalu apakah kita pantas untuk bermalas-malasan, rebahan, ngabisin duit mulu buat jajan?

Coba bayangkan jika hal ini terjadi di masa depan saat kelak menjadi orang tua. Hayo lho.

Cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Tunggu artikel saya berikutnya ya.

Salam satu pena

Gembul Can

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x