Mohon tunggu...
Umi FitriaAyu
Umi FitriaAyu Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa KKN-UM Latih Sportivitas Anak Melalui Festival Anak Sholeh

29 Mei 2019   10:16 Diperbarui: 29 Mei 2019   10:46 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mahasiswa KKN-UM Latih Sportivitas Anak Melalui Festival Anak Sholeh
img-20190529-wa0006-5cee002657976724a35b84f4.jpg

Selasa (28/5/2019), kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) menggelar Festival Anak Sholeh 2019. Acara tersebut bertempat di SD Negeri Kalen, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto. Peserta festival merupakan anak-anak dari TK Darma Wanita Kalen dan SD Negeri Kalen. Festival Anak Sholeh merupakan kegiatan islami yang bertujuan untuk mengisi kegiatan anak-anak Desa Kalen di bulan ramadhan. Adapun kegiatannya meliputi lomba-lomba bertema islami seperti mewarnai kaligrafi, adzan dan tartil.

Acara Festival Anak Sholeh diikuti oleh 76 siswa pilihan yang terbagi dalam 14 siswa lomba tartil, 17 siswa lomba adzan dan 35 siswa lomba mewarnai kaligrafi. Festival dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Meskipun demikian, para peserta menunjukkan antusiasnya dengan hadir di halaman sekolah sejak pukul 07.00 WIB. Semua peserta mengikuti upacara pembukaan di halaman SD Negeri Kalen. Dalam sambutannya, perwakilan dari SD Negeri Kalen, Bapak Karyono menyampaikan harapannya pada acara festival anak sholeh yang digelar oleh mahasiswa KKN-UM. "Saya berharap dalam acara Festival Anak Sholeh ini anak-anak dapat merasakan manfaatnya.", ujar Bapak Karyono.

Usai upacara pembukaan digelar, para peserta menuju ruang lomba masing-masing. Untuk lomba adzan dan tartil, setiap peserta diberi waktu 5 menit untuk menampilkan karya terbaiknya. Sedangkan untuk lomba mewarnai diberi durasi waktu selama 60 menit. Para peserta mengikuti perlombaan dengan antusias dan tertib. Juri lomba adzan dan tartil merupakan guru mata pelajaran agama di SD Negeri Kalen, yakni Pak Karyono dan Bu Diyah. Sedangkan juri untuk lomba mewarai kaligrafi merupakan mahasiswa KKN-UM bersama guru TK Darma Wanita Kalen. Setelah lomba berakhir, tim juri mendiskusikan hasil penjuriannya bersama panitia. Sementara siswa diberikan ice breaking di setiap ruang lomba sembari menunggu hasil penjurian.

Pada puncak acara, pembawa acara mengumumkan tiga pemenang di setiap kategori lomba. Para peserta lomba antusias mendengarkan hasil penjurian. Siswa SD Negeri Kalen dan TK Darma Wanita Kalen menunjukkan sportivitasnya pada saat pengumuman lomba. Mereka memberikan tepuk tangan meriah kepada pemenang dan tetap semangat meskipun tidak terpilih sebagai pemenang lomba. Seperti yang diungkap Pak Karyono dalam sambutannya, anak-anak mampu merasakan manfaat dari kegiatan Festival Anak Sholeh. Mereka mampu berkompetisi secara sportif dan tetap semangat untuk belajar.