Mohon tunggu...
Umi Fitria
Umi Fitria Mohon Tunggu... Lainnya - Ordinary Me

Seorang Ibu, wanita, teman, partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. visit my blog on https://www.simpelmommy.com

Selanjutnya

Tutup

Parenting Artikel Utama

6 Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Bepergian Jauh dengan Balita

5 Desember 2022   10:14 Diperbarui: 6 Desember 2022   00:40 1129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by prostooleh  on Freepik.com

Bepergian adalah salah satu aspek yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia, mulai dari zaman dahulu sampai dengan era modern sekarang ini. Berkembangnya sarana dan prasarana transportasi yang semakin memudahkan kita untuk mobile membuat kegiatan ini semakin tidak bisa dibendung.

Banyak alasan seseorang melakukan bepergian jarak jauh, entah untuk mengunjungi keluarga, liburan, urusan bisnis atau pekerjaan dan masih banyak lagi yang lainnya. Intinya, di zaman yang serba mudah ini, kita sudah tidak perlu repot lagi dalam urusan bepergian karena banyaknya kemudahan  yang bisa kita pilih dan sesuaikan dengan kemampuan kita masing -- masing.

Berbicara mengenai bepergian jarak jauh, tentu variabel waktu sudah bukan lagi faktor penghambat karena sudah ada moda transportasi pesawat yang bisa meringkas waktu perjalanan panjang menjadi lebih singkat, namun tentu saja semua itu sebanding dengan biaya yang harus kita keluarkan bukan?.  

Tidak sedikit orang yang rela membayar lebih untuk kenyamanan sebuah perjalanan, namun masih banyak juga yang tidak masalah menempuh jarak dan waktu yang lama dalam perjalanan nya untuk bisa sampai di tempat tujuan.

Saat bepergian jarak jauh dengan waktu tempuh lama mungkin tidak terlalu menjadi masalah saat kita melakukan nya sendiri, namun akan berbeda cerita bila kita melakukan nya dengan membawa balita ikut serta. 

Bepergian dengan balita memang susah -- susah gampang karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dan apa yang akan mereka lakukan selama perjalanan. 

Beberapa balita mungkin bisa saja kooperatif namun tidak sedikit juga yang pada akhirnya cranky dan alhasil membuat para orang tua kebingungan dan mungkin akan berpikir dua kali untuk melakukan perjalanan selanjutnya dengan membawa mereka.

Agar perjalanan jarak jauh kita nyaman, berikut beberapa tips dan trik yang bisa kita lakukan saat hendak bepergian dengan mengajak si kecil :

1. Tentukan moda transportasi yang akan digunakan

Semua setuju kalau kita bisa menghemat waktu perjalanan dengan moda transportasi tertentu seperti misalnya pesawat, namun tidak semua orang mempunyai kelonggaran finansial untuk membayar biaya layanan transportais ini sehingga opsi moda transportasi lain via  jalur darat maupun laut terkadang harus diambil. 

Sebenarnya mau bepergian via jalur apapun tidak ada masalah asalkan kita tahu medan dan bagaimana situasi dna kondisi selama perjalanan nanti sehingga kita bisa menyiapkan apa saja yang harus dibawa dan harus di antisipasi selama perjalanan nantinya bersama si kecil, terutama yang menyangkut keamanan dan kenyamanan nya.

2. Bawa makanan dan minuman kesukaan nya

Anak -- anak tidak lepas dari yang namanya makanan dan snack karena usia -- usia mereka adalah usia mencoba dna mengeksplor berbagai macam hal termasuk makanan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun