Mohon tunggu...
Umi Fitria
Umi Fitria Mohon Tunggu... Lainnya - Ordinary Me

Seorang Ibu, wanita, teman, partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. visit my blog on https://www.simpelmommy.com

Selanjutnya

Tutup

Parenting Artikel Utama

Anak Bermasalah, Apakah Salah Orangtua?

17 Agustus 2022   12:02 Diperbarui: 19 Agustus 2022   12:51 815 21 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Anak nakal (Sumber: Shutterstock)

Saya tertarik mengulas masalah ini sebenarnya bukan tanpa sebab, meskipun ini bukan pengalaman pribadi yang saya pernah alami namun fenomena ini bisa dikatakan cukup dekat dengan kehidupan kita atau mungkin bahkan terjadi pada orang-orang di sekeliling kita.

Saya bersyukur tumbuh dan dibesarkan di dalam keluarga yang sangat hangat, meksipun kami bukan berasal dari latar belakang strata sosial dan ekonomi kelas atas, namun kesederhanaan dan kesahajaan serta kebiasaan yang tidak neko-neko kedua orang tua saya cukup menjadi bekal dan mengantarkan kami tumbuh dewasa dengan selamat.

Berawal dari keluarga yang biasa-biasa saja, hal ini tentu menarik karena saat kita dewasa ternyata kita banyak dibenturkan dengan realiatas yang sama sekali bertolak belakang dengan apa yang selama ini kita lihat dan alami di dalam lingkungan keluarga kita. 

Melihat begitu banyak kenyataan yang kadang kala tidak sesuai dengan teori-teori yang selama ini banyak diajarkan kepada kita, sungguh benar-benar membuat kita seolah tertampar dan membuat kita harus lebih banyak belajar lagi tentang dinamika hidup ini.

Pepatah bilang buah jatuh tidak jauh dari pohonnya

Mungkin sudah tidak asing ya dengan peribahasa di atas, kita semua ingin berusaha menjadi orangtua yang baik dengan harapan kebaikan yang kita tanam bisa menurun ke anak cucu kita. 

Namun, sekali lagi kenyataan hidup terkadang tidak bsia dipukul rata begitu, entah mengapa selalu saja ada anomali. 

Ini juga salah satu yang membuat saya bertanya-tanya, melihat suatu fenomena kok bisa ada anak yang bermasalah padahal sang orangtua mempunyai track record yang baik di mata masyarakat. 

Dermawan, suka menolong bahkan tidak tanggung-tanggung bila sudah membantu orang dan akan sangat all out, begitu juga saat berbagi dengan sesama, tidak ada uang pun akan diusahakan bagaimana caranya supaya bisa berbagi. Bagaimana? Sudah terdengar sempurna bukan? Namun mengapa sang anak bermasalah bila orangtuanya sudah menjadi role model yang baik? 

Kita memang tidak bisa tahu ranah pribadi orang lain, namun dari fenomena yang hanya bisa dilihat dari luaran itu kita bisa menjadikannya bahan untuk kajian dan pembelajaran bagi keluarga kita. 

Kembali ke mengapa ada orangtua dengan citra yang baik di masyarakat namun anak-anaknya cenderung bermasalah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan