Mohon tunggu...
Umi Fitria
Umi Fitria Mohon Tunggu... Lainnya - Ordinary Me

Seorang Ibu, wanita, teman, partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. visit my blog on https://www.simpelmommy.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Kesalahan Menggunakan Sunscreen yang Sering Kita Lakukan

28 Maret 2022   10:06 Diperbarui: 28 Maret 2022   13:05 851 18 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi wanita menggunakan sunscreen (Freepik)

Semua wanita setuju bahwa mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya sebagai langkah terakhir dalam ritual skincare pagi adalah hal yang wajib dilakukan. 

Sunscreen berbeda dengan sunblock meskipun keduanya mempunyai tujuan yang sama, yakni meminimalisir paparan sinar UV (ultraviolet) yang mengenai langsung kulit kita. 

Perbedaannya adalah pada cara kerjanya, di mana sunblock akan bekerja memproteksi kulit saat itu juga setelah dioleskan, sedangkan sunscreen butuh waktu sekitar 30 menit untuk meresap dan berfungsi sebagai pelindung kulit dari bahaya sinar UV. 

Tidak dipungkiri bahwa setiap hari kita pasti terpapar dengan sinar matahari, baik saat kita berada di dalam rumah apalagi saat berada di luar rumah seperti melakukan aktivitas outdoor, maka paparan sinar matahari yang diterima tentu lebih intens.

Namun, masih banyak dari kita yang menganggap penggunaan sunscreen hanya wajib dilakukan saat kita akan beraktivitas ke luar rumah saja, padahal walaupun kita berada di dalam rumah (indoor), kita juga wajib mengaplikasikan sunscreen.

Karena banyak studi menunjukkan bahwa sinar ultraviolet atau yang biasa dikenal dengan UV, bisa menembus dinding dan kaca, sehingga menggunakan sunscreen secara rutin tentu berperan besar dalam menjaga kesehatan kulit kita.

Sinar ultraviolet sendiri terdri dari 3 jenis, yakni UV-A, UV-B dan UV-C. Terlalu banyak dan sering terpapar Sinar UV-A akan mempercepat aging pada kulit yang ditandai dengan munculnya garis-garis halus di kulit dan flek hitam. 

Sedangkan sinar UV-B akan menyebabkan kulit kita terbakar atau burn yang biasanya ditandai dengan kulit kemerahan bahkan sampai mengelupas.

Dan yang terakhir adalah sinar UV-C, jenis sinar ultraviolet ini tidak sampai menembus bumi karena sudah disaring oleh lapisan ozon, sehingga sangat kecil kemungkinan kita terpapar ole nya.

Dengan mengetahui beragam jenis sinar ultraviolet dan dampaknya terhadap kulit, terutama kulit wajah kita, tentu kita harus rajin dalam menggunakan sunscreen, namun banyak dari kita yang masih salah dalam pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari, apa saja mayoritas kesalahan tersebut dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak tips berikut:

Tidak menggunakan sunscreen setiap hari

Seperti yang sudah disinggung di awal, penggunaan sunscreen tidak terbatas saat akan keluar rumah saja, di dalam rumah pun kita wajib memakai sunscreen karena sinar ultraviolet juga bisa menembus dinding rumah maupun kaca. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan