Mohon tunggu...
Umi Aimanah Sukirman
Umi Aimanah Sukirman Mohon Tunggu... No one is you and that is your power.

Keerom-Jayapura [currently: Malang]

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pendidikan di Era Otonomi Khusus Vs Upaya Pembangunan SDM, Efektifkah?

10 Desember 2019   22:42 Diperbarui: 10 Desember 2019   23:37 88 0 0 Mohon Tunggu...

Papua adalah pulau terbesar di Indonesia dan sebagai provinsi yang terletak di Indonesia paling timur. Perkembangan serta pembangunan Papua menjadi salah satu perhatian pemerintah pusat di Indonesia saat ini, karena masih tertinggal dari provinsi lain. 

Kondisi geografis Papua, budaya, bahasa yang beragam, sehingga tidak mudah untuk membangun Papua, terutama di sektor pendidikan

Dalam tatanan masyarakat, pendidikan merupakan salah satu sektor serta bentuk usaha nyata yang paling strategis dalam upaya meningkatkan taraf kualitas hidup orang Papua, dimana dalam sebuah konsepsi pendidikan terdapat sebuah peranan dan tujuan untuk "memanusiakan manusia". Namun demikian, dunia pendidikan  adalah dunia yang sangat kompleks, kebijakan dalam sektor pendidikan merupakan pedoman terlaksananya pendidikan, sehingga terintegrasi dengan peraturan serta undang-undang yang berlaku di wilayah tersebut. Kebijakan yang diterapkan dalam sektor pendidikan disusun dan diterapkan ke publik oleh pemerintahan setempat dengan tujuan untuk memajukan sumber daya manusia (SDM).

Berdasar pada penyampaian pidato besar mengenai visi Indonesia, pembangunan sumber daya manusia merupakan salah satu fokus pembangunan di Indonesia selama 5 tahun kedepan, selain pembangunan infrastruktur yang semakin melejit perkembangannya. 

Pembangunan sumber daya manusia saat ini juga gencar dilakukan dengan alih-alih guna mencetak sumber daya manusia yang unggul. Kembali pada hakikat pendidikan, bahwa pada dasarnya pendidikan merupakan hal yang sangat kompleks. Terdapat keterkaitan pendidikan terhadap akses pendidikan yang merupakan suatu hal yang sangat sistematik, dimana akses pendidikan merupakan wujud kemudahan yang diberikan kepada setiap warga Negara untuk menggunakan kesempatannya dalam mengenyam pendidikan. 

Akses yang disediakan baik oleh pemerintah atau pihak satuan pendidikan secara umum dilakukan berdasarkan sikap nondiskriminatif yang sesuai dengan konsepsi pendidikan Education For All (EFA) yang merupakan bagian dari kebijakan pemerintah Indonesia dan diberlakukan di Indonesia sejak tahun 2015 silam hingga saat ini terkait pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai upaya strategis dalam pembangunan nasional dalam Pasal 31 Undang-Undang 1945 ayat (1), (2), (4), dan (5).

Terbitnya Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 Tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua. (BPPDPP, 2008) bahwa penghormatan terhadap hak asasi manusia serta persamaan kedudukan, hak dan kewajiban sebagai warga Negara, khususnya hak mengembangkan diri dalam pendidikan. Dengan demikian hal tersebut menjadi suatu bentuk prinsip yang sangat penting, berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan di era otonomi khusus Papua bagi orang Papua. 

Pengimplementasian Education For All (EFA) di Papua guna pengembangan sumber daya manusia berlandaskan pada Pasal 56 ayat (3), bahwa semua penduduk yang berada di Papua, baik yang sedang berada dalam taraf hidup terisolasi dan jauh dari fasilitas pendidikan, berhak diberikan kesempatan untuk meningkatkan kualitas dirinya melalui berbagai program pendidikan baik formal, nonformal maupun informal berdasarkan akses pendidikan yang diperoleh. Hingga akhir tahun 2019 kini, pada awal masa kerja kabinet Indonesia Maju 2019-2024, Mendikbud Nadiem menyatakan bahwa "terkait pembangunan sumber daya manusia baik didaerah terpencil seperti Papua mendapatkan kesempatan serta dukungan yang sama dalam hal pembelajaran berbasis teknologi.

Terkait dengan wacana penyelarasan program kerja pendidikan atau pembelajaran berbasis teknologi tersebut, untuk menciptakan sumber daya manusia, hendaknya kita sebagai "lakon" perlu menengok kembali mengenai riwayat atau perjalanan pendidikan di Papua. Sebagaimana diawal dikatakan bahwa layaknya semua bidang pembangunan yang ada di Negara Indonesia, pendidikan merupakan suatu proses yang memerlukan waktu untuk dapat memberikan hasil yang benar-benar bisa bermanfaat bagi semua warga Negara secara berkelanjutan serta mampu mengantarkan warga Negara menjadi sumber daya manusia yang unggul, sesuai dengan cita-cita pendidikan di Indonesia. 

Oleh sebab itu, agar pembangunan pendidikan di Papua khususnya mampu berjalan sesuai dengan rencana yang telah disusun, maka perlu juga dilakukannya identifikasi masalah-masalah sistemik pembangunan pendidikan yang ada di Papua dari dulu hingga saat ini. Dengan demikian, maka dapat diperoleh hasil atas pertanyaan-pertanyaan yang timbul sejak lama mengenai bagaimana hambatan dalam pembangunan pendidikan di Papua yang selama ini menyebabkan terjadinya penurunan kualitas  sumber daya manusia.

Terobosan dan inovasi tentang pendidikan sangat perlu dilakukan guna menuju Papua yang maju dengan sumber daya manusianya yang unggul. Penyelenggaraan pendidikan di Papua memerlukan suatu konsep yang berbeda dengan sistem pendidikan Indonesia yang masih bersifat sangat sentralistik. Demikian pula dalam hal penyelenggaraannya, layanan pendidikan di dalam wilayah yang luas seperti Papua perlu dilakukan dengan mempertimbangkan akses serta fasilitas pendidikan yang telah ada ataupun yang akan dipersiapkan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x