Mohon tunggu...
Umi Saputri
Umi Saputri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Motivator

Mahasiswi Tadris Biologi, IAIN Metro Lampung.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Peran Organisasi dalam Generasi Z

2 November 2022   17:26 Diperbarui: 2 November 2022   17:34 434
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh : Rahmi Putri Ramadani ( mahasiswi prodi Sejarah Kebudayaan Islam UIN Ar-Raniry dan Sekretaris Kohati Komisariat Adab dan Humaniora)

Di era generasi Z sekarang mahasiswa juga memiliki peran penting bagi generasi penerus bangsa, karena mahasiswa adalah salah satu harapan bangsa yang berintelektual tinggi dan ber Akhlakul Karimah, serta peran penting bagi mahasiswa ialah keterampilan untuk menjadi pemimpin bangsa di masa depan.

Namun juga pada dasarnya tidak semua mahasiswa dapat Merasakan organisasi. Karena sejauh ini yang saya temui, masih banyak dari kalangan mahasiswa yang berpendapat bahwa "organisasi itu buang-buang waktu dan tidak ada gunanya, Manding di kos kerjakan tugas dari kampus dan mengerjakan tugas yang lain", kata mahasiswa yang tidak mengikuti organisasi. 

Memang itu semua tergantung dari setiap individu mahasiswa tersebut, dan setiap mahasiswa mempunyai sudut pandang baik itu positif maupun negatif dalam menilai sebuah organisasi. 

Namun menurut saya ada begitu banyak ilmu dalam berorganisasi yang dimana ilmu tersebut dapat mengembangkan potensi dalam diri, seperti juga yang saya rasakan pada saat ini, begitu banyak pengembangan dalam diri, contohnya lewat tulisan ini saya dapat merasakannya.

Pada era saat ini, perlu kita pertanyakan bagaimana sih peran organisasi di dalam generasi Z sekarang? Pastinya menjadi buah pertanyaan bagi mahasiswa. Kita pasti bertanya-tanya apa sih generasi Z itu ?

Generasi z adalah generasi yang lahir pada tahun 1996, yang artinya generasi z adalah generasi setelah generasi melenial yang sampai sekarang generasi ini masih di sebut dengan generasi internet dan teknologi yang memamfaatkan antara kedua nya. Kita juga perlu tahu penting nya peran organisasi dalam generasi z ini. 

Mahmudin sebagai presiden mahasiswa Uin Ar-raniry Banda Aceh mengatakan bahwa "peran organisasi z ini sangat penting dalam generasi sekarang dan tidak dapat dipungkiri bahwa jalannya sebuah organisasi adalah hasil gagasan kritis yang dituangkan oleh generasi Z, contohnya kita dari angkatan dua ribu ke atas disebut generasi z, dan sangat membutuhkan dari segi produktivitas, skil dan lain-lain.

Dari yang di sampaikan oleh Mahmudin tersebut dimana peran organisasi itu sangat penting di era generasi z sekarang, dan juga yang dimana mahasiswa dapat mengembangkan peranan nya dalam suatu waktu. Karena juga peran organisasi di era generasi z ini salah satu nya ialah ambisius, yang dimana ambisius ini juga harus tertanam dalam diri seorang mahasiswa. 

Dalam generasi z ini juga cenderung ambisius karena mereka tidak merasa puas dalam diri mereka, mereka merasa bahwa diri mereka dapat terus berkembang dangan sendiri nya, asal mereka mau belajar dan mereka juga yang mempunyai ke inginan untuk terus berkembang, apa lagi di era generasi z sekarang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun