Mohon tunggu...
Ulvatu Rizqa
Ulvatu Rizqa Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Ulvatu Rizqa Ilmawati

Mahasiswi Fisika 2018 UNEJ

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Inovasi Mengembangkan UMKM Jajanan Molen Menggunakan Digital Marketing

20 September 2021   10:32 Diperbarui: 20 September 2021   10:34 75 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Inovasi Mengembangkan UMKM Jajanan Molen Menggunakan Digital Marketing
1-613e13f106310e583c44ca72.jpg

INOVASI MENGEMBANGKAN UMKM JAJANAN MOLEN MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING DI ERA PANDEMI COVID-19

Ulvatu Rizqa Ilmawati

            Pandemi Covid19 saat ini telah banyak memakan korban tidak hanya yang terpapar virus covid19 namun untuk semua kalangan yang terdampak. Salah satu dampak covid19 adalah dalam bidang perekonomian. Masyarakat yang mencari nafkah dengan kegiatan ekonomi salah satunya yaitu pelaku UMKM. Pelaku UMKM sangat mengalami dampak yang besar karena adanya pandemi Covid19 ini. Dampaknya yaitu pada penghasilan yang merosot. Tidak banyak produk yang harusnya terjual habis karena adanya pandemi ini. Oleh karena itu, dengan diadakan kegiatan KKN Back To Village 3 Universitas Jember ini bermaksud untuk membantu pelaku UMKM yang terdampak Covid19 dalam pemasaran produknya dengan memperluas strategi pemasaran.

            UMKM ialah sesuatu wujud aktivitas bisnis yang mana bergerak di bidang bermacam usaha yang langsung berhubungan ataupun menyentuh dengan kepentingan warga. Aktivitas UKM ini ialah suatu wujud usaha yang mempunyai kedudukan berarti dalam pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di Indonesia. Serta tujuan dari UMKM sendiri merupakan buat meningkatkan serta meningkatkan usahanya dalam rangka membangun perekonomian nasional bersumber pada demokrasi ekonomi yang berkeadilan. Perihal tersebut sudah diatur dalam UU RI Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, serta Menengah, Bab II Asas serta Tujuan, Pasal 3.

            Kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Back To Village Universitas Jember 2021 ini mengangkat Tematik Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Terdampak Covid-19. Kegiatan KKN BTV-3 dengan mengangkat tematik tentang wirausaha bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup atau pendapatan pada sasaran. Cara untuk meningkatkan pendapatan pada sasaran dengan menginovasi produk agar produk lebih dikenal masyarakat melalui menambah variasi rasa pada produk dan mempromosikan melalui media platfrom digital marketing (media sosial). Tujuan dari mempromosikan produk melalui media sosial yaitu untuk menambah atau memperluas pemasaran agar produk terjual lebih banyak.

            Kegiatan KKN BTV ini memberdayakan UMKM jajanan pasar, seperti molen. Molen hanya dikenal dengan isian pisang saja oleh mayoritas masyarkat. Molen juga mayoritas sering dijumpai di daerah Pasar Tradisional. Melalui upaya pemberdayaan ini dengan tujuan menambah varian rasa pada molen sehingga untuk isian pada moleh tidak hanya satu varian saja. Setelah pemberdayaan menambah variasi pada produk, kemudian dilakukannya promosi dengan melaluli sosial media seperti Instagram dan Whatsapp. Melalui Instagram dibuatkan akun tersendiri sedangkan di Whatssapp melalui status.

Permasalahan yang dihadapi oleh sasaran yang merupakan pelaku UMKM jajanan molen di Desa Plampangrejo, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi ini yaitu antara lain :

  • Menurunnya pendapatan disebabkan tidak banyak pedangan pasar yang biasanya dititipkan dagangannya dikarenakan pandemic Covid19.
  • Pelaku UMKM molen tidak memasarkannya melalui platform digital marketing atau secara online.
  • Perlunya pendampingan terhadap sasaran pelaku UMKM agar produk semakin diminati oleh masyarakat secara luas dengan mem-branding produk.

            Tujuan dari adanya kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata ) Back To Village 3 Universitas Jember ini yaitu :

  • Untuk meningkatkan penghasilan atau pendapatan oleh pelaku UMKM
  • Mendampingi serta membantu pelaku UMKM dalam memasarkan melalui media online platform digital marketing.
  • Mendampingi dalam mem-branding dan variasi produk agar lebih menarik minat daya konsumen .

            Kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Back To Village 3 Universitas Jember dilaksanakan mulai tanggal 11 Agustus -- 09 September 2021 ini bertempat di Desa Plampangrejo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi dengan sasaran yaitu seorang pelaku UMKM jajanan tradional molen.

Kegiatan KKN ini dalam pelaksanaannya untuk mengetahui potensi permasalahan yang terjadi menggunakan beberapa metode pelaksanaan kegiatan sebagai berikut :

1. Data Primer

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan