Mohon tunggu...
Ultra Ramy
Ultra Ramy Mohon Tunggu... Editor - Pelajar

Student

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Penerapan Sistem Informasi (E-Learning) Di SMP Labschool Jakarta

16 Mei 2019   09:02 Diperbarui: 16 Mei 2019   09:30 692
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang


Belajar adalah proses manuasia dalam mencapai sesuatu, menurut Ratnasari (2013:1). Sekolah adalah satuan pendidikan yang berjenjang dan berkesinambungan untuk menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar. (Undang- Undang No.2 Tahun 1989). Pembelajaran yang didapat di sekolah disebut dengan pendidikan Menurut Dwiyogo (2018) pada zaman sekarang, banyak pemanfaatan kemajuan teknologi dan sistem informasi untuk kepentingan pendidikan. Menurut Furqon (2012: 3) Sistem informasi merupakan sistem yang saling terhubung yang bertujuan untuk mengolah data menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak tersebut. Menurut Munir (2015:1) Sistem informasi yang dimanfaatkan untuk manajemen pendidikan disebut Sistem Informasi Pendidikan (SIP).

Sistem informasi di lingkungan sekolah biasanya dibangun untuk memberikan layanan atau fasilitas informasi akademik ataupun nonakademik bagi setiap siswa, guru, dan pihak terkait lainnya secara lengkap, cepat, dan akurat.
Mengikuti era digitalisasi tersebut, SMP Labschool Jakarta telah mengimplementasikan sebuah sistem informasi yang bernama sistem e-learning. Sistem e-learning digunakan oleh para siswa biasanya untuk mengerjakan tugas ataupun ulangan dan memperoleh informasi nilai atas tugas ataupun ulangan yang diberikan di e-learning secara online.

Dari sisi guru, e- learning dimanfaatkan untuk memberikan tugas atau ulangan secara online kepada siswa tanpa dibatasi waktu belajar efektif di sekolah.
Namun demikian, informasi lainnya seperti silabus mata pelajaran, informasi nilai pada setiap mata pelajaran, materi mata pelajaran, ataupun layanan diskusi online baik sesama siswa maupun dengan guru belum dapat dipenuhi melalui sistem E-learning SMP Labschool Jakarta. Masih terdapat informasi yang disampaikan secara manual ataupun menggunakan media lainnya seperti email. Selain itu, belum ada integrasi secara otomasi antara sistem e-learning SMP Labschool Jakarta dengan sistem lainnya seperti sistem data akademik siswa.

Untuk itu, penulisan ini dilakukan untuk menganalisa kebutuhan sistem informasi sebagai perbaikan atas sistem e-learning SMP Labschool Jakarta saat ini. Perbaikan sistem e-learning SMP Labschool Jakarta yang menyajikan sistem informasi terintegrasi bagi siswa dapat mendukung efisiensi proses penyampaian data dan informasi sehinggga dapat memperlancar proses belajar mengajar di lingkungan sekolah. Selain itu, perbaikan integrasi sistem e-learning SMP Labschool Jakarta dengan sistem lainnya akan mendukung integritas dan keandalan data belajar mengajar di lingkungan SMP Labschool Jakarta. Alasan lain penulis memilih topik ini karena solusi pada penulisan ini dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh SMP Labschool Jakarta


1.2 Perumusan Masalah
1. Apa konsep dasar sistem informasi?
2. Apa konsep dasar e-learning ?
3. Bagaimana cara membangun e-learning yang ideal?
4. Bagaimana kondisi e-learning SMP Labschool Jakarta saat ini?
5. Bagaimana cara mengoptimalisasi e-learning SMP Labschool Jakarta?


1.3 Pembatasan Masalah
Penulis akan membahas tentang kebutuhan e-learning sebagai sistem
informasi, kebutuhan optimalisasi sistem e-learning, dan integrasi sistem e-
learning dengan sistem lainnya.

1.4 Tujuan Penelitian
Berdasarkan masalah di atas, tujuan penelitian ini secara umum adalah
untuk memenuhi salah satu profil lulusan SMP Labschool Jakarta, secara khusus
tujuan penelitian ini adalah untuk:
1. Mengetahui konsep dasar sistem infromasi
2. Mengethaui konsep dasar e-learning
3. Mengetahui kebutuhan e-learning yang ideal
4. Mengetahui kondisi e-learning SMP Labschool Jakarta
5. Mengetahui cara mengoptimalisasikan e-learning SMP Labschool
Jakarta

1.5 Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan yang digunakan penulis adalah dengan melakukan observasi sistem e-learning SMP Labschool Jakarta. Kegiatan observarsi meliputi pengamatan terhadap modul - modul e-learning SMP Labschool Jakarta yang digunakan oleh siswa maupun oleh guru. Penulis juga melakukan studi pustaka menggunakan sumber tertulis berupa buku dan artikel resmi berupa jurnal. Selain itu, penulis juga melakukan wawancara dengan guru dan murid.

BAB II
PEMBAHASAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun