Mohon tunggu...
Uliviana RH
Uliviana RH Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Penikmat Musik, Film, Teh dan Cemilan manis.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Bermain Tanda "Love" dengan BTS

3 Agustus 2022   20:32 Diperbarui: 3 Agustus 2022   20:36 105 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

"The dawn right before the sun rises is the darkest" (Tomorrow by BTS)

BTS. Boy band asal Korea Selatan yang menjadi fenomena global di industri musik, tidak hanya Korea Selatan tetapi nyaris di seluruh dunia. Debut di tahun 2013, BTS kini berusia 9 tahun dan telah menorehkan berbagai jejak sejarah. 

Penerima termuda The Order of Cultural Merits dari Presiden Korea Selatan dan menjadi Presidential Envoy, bekerjasama dengan Unicef untuk Love Myself anti-violance campaign sejak tahun 2017, Time's Next Generation Leader dan termasuk ke dalam daftar 25 most influential people in Internet (2017-2019) dan 100 most influential people in the world tahun 2019, dan record breaker setelah Beatles.

BTS terdiri atas 7 orang anggota yang semuanya berasal dari berbagai daerah di Korea Selatan, yaitu: Kim Namjoon (RM), Kim Seokjin (Jin), Min Yoongi (Suga), Jung Hoseok (J-Hope), Park Jimin (Jimin), Kim Taehyung (V), dan Jeon Jeongguk (Jungkook). 

Melalui lagu dan video-videonya, BTS memperlihatkan kilasan perjalanan seseorang dari masa remaja sekolah hingga masa dewasa dengan berbagai persoalan yang meliputinya sebagai upaya untuk menggambarkan pengalaman personal anggota BTS. 

Masa remaja digambarkan dengan apik pada album 2 kool 4 skool , O!RUL82 (dibaca: Oh, are you late too?), Skool luv affair dan Dark and Wild

Beranjak dewasa BTS berusaha menyampaikan pengalaman dan apa yang mereka pikirkan tentang masa peralihan tersebut melalui album "The most beautiful moment in life" part 1 dan 2, Young Forever, Wings, dan You Never Walk Alone

Semakin matang, BTS mulai menuliskan lagu tentang cinta dalam berbagai simbolisme melalui album Love Myself Trilogy (love myself: Her, love myself: Tear, Love myself: Answer). Fase selanjutnya adalah masa menemukan jati diri melalui upaya memahami diri sendiri dengan album Map of The Soul: Persona dan Map of the Soul: 7. Terakhir, BTS melahirkan album Proof yang menandai perjalanan musikalnya BTS selama 2013 hingga saat ini.   

Konsep apik dan tema spesifik yang dibangun BTS di setiap album merupakan satu dari berbagai faktor yang membuat BTS unik. 

Faktor lainnya adalah bahwa BTS merupakan story teller yang handal: melalui berbagai lapisan pesan dalam lirik lagu, gerakan tarian, Bahasa visual dalam music video dan berbagai konten tambahan yang di rilis melalui berbagai platform media menarik perhatian tidak hanya ARMY (istilah yang digunakan untuk menyebutkan kelompok fans BTS yang disepakati oleh BTS dan juga fansnya secara luas) tetapi juga non-ARMY, dari usia remaja hingga usia emas (+50 tahun). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan