Uli Wahyuliana
Uli Wahyuliana Freelancer

Tak pandai beretorika namun gemar bercerita. Tak berbakat jadi penulis namun suka berbagi informasi.

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Berburu Kuliner Lebaran di Tanah Bugis

3 September 2017   03:05 Diperbarui: 3 September 2017   04:28 3743 7 1
Berburu Kuliner Lebaran di Tanah Bugis
Doc:holobis.net

Dua hal menarik yang selalu dinanti saat lebaran tiba. Berkumpul dengan keluarga dan menikmati hidangan khas lebaran. Di tanah bugis khususnya di daerah Kabupaten Wajo, ada banyak menu khas lebaran yang bisa dinikmati.

1. Coto Makassar

  • Olahan daging yang satu ini sudah jadi primadona orang Sulawesi. Daging direbus dengan rempah lalu disantap dengan kuah kental. Kuahnya sendiri berasal dari air rebusan beras yang dicampur dengan serbuk kacang tanah. Coto paling nikmat disantap dengan ketupat atau buras, bawang goreng, serta sambal tauco.

Doc: Isna Sutanto
Doc: Isna Sutanto

2. Sop Konro & Konro Bakar

  • Olahan daging iga khas Makassar yang dimasak dengan berbagai macam rempah seperti pala, cengkeh, dan merica. Ada dua pilihan olahan konro ini, yakni konro berkuah dan konro bakar. Dua- duanya enak dan menyehatkan. Konro kuahnya hitam mirip rawon, warna hitamnya sendiri berasal dari kluwak. Sedangkan konro bakar biasanya diolesi sambel atau bumbu kacang saat dipanggang.

Doc: resepharian
Doc: resepharian

Konro Bakar. Doc: Qraved
Konro Bakar. Doc: Qraved

3. Sop Saudara

  • Hidangan yang satu ini paling nikmat disantap dengan ikan bandeng bakar dan perkedel kentang. Kuahnya sendiri tidak sekental kuah konro ataupun coto. Kuah beningnya hanya diberi sedikit rempah dan ditambahkan bihun. Selain daging, dalam kuah sop saudara juga wajib ditambahkan paru goreng.

Doc: Hesty Kitchen
Doc: Hesty Kitchen

Doc: kelanakecil
Doc: kelanakecil

4. Toppa Lada

  • Mirip- mirip rendang hanya saja sedikit berair dan rasa karinya lebih terasa. Selain lebaran, hidangan Toppa Lada juga kerap dijumpai di acara nikahan ataupun aqiqahan orang bugis. Biasanya ditambahkan potogan kentang sebagai penetralisir kentalnya kuah santan.

Doc: cookpad
Doc: cookpad


5. Pallu Basa

  • Sekilas seperti coto tapi kuah pallu basa ini menggunakan kelapa parut yang sudah disangrai dengan tambahan asam dan gula merah. Pallu basa tidak menggunakan daun bawang ataupun bawang goreng sebagai penambah citarasa seperti coto. Lebih cocok dimakan dengan nasi hangat. Kuahnya yang panas bisa ditambahkan telur mentah agar lebih kental.

Doc: flickr
Doc: flickr

6. Nasu Likku

Olahan ayam dimasak kering dengan menggunakan bumbu lengkuas. Enak disantap dengan burasa atau pun tumbu’.

Doc: callangku
Doc: callangku

7. Palekko

Biasanya menggunakan daging ayam ataupun bebek. Rasanys sedikit pedas karena memang menggunakan cabai. Bisa dibuat dengan sedikit kuah ataupun kering. Olahan Palekko yang paling terkenal adalah Palekko Sidrap.

Doc: kedaikopi-pakongah
Doc: kedaikopi-pakongah

 

8. Burasa na Tumbu'

  • Jika di daerah lain lebaran selalu identik dengan ketupat, orang bugis justru lebih suka membuat burasa atau tumbu. Burasa hampir sama dengan ketupat hanya saja lebih gurih karena ditambahkan santan kental sebelum dibungkus daun pisang.

  • Sedangkan tumbu lebih mirip gogos tapi tanpa isian dan proses pembuatannya pun ditusuk dengan pelepah batang lengkuas karena wadahnya memanjang mirip seruling. Jika gogos biasanya dibakar, tumbu ini dikukus. Jika ketupat biasanya dimasak setelah terisi beras, tumbu dan burasa sudah setengah matang sebelum dibungkus daun pisang.

Doc: Flickr
Doc: Flickr

Doc: flickr
Doc: flickr

9. Tape Polu Bolong

  • Tape mungkin sudah sangat familiar di Indonesia. Olahan nasi ketan yang difermentasi menggunakan ragi. Makanan ini sedap disajikan dingin.
  • Mengolah ketan jadi tape terlihat mudah, tapi banyak yang gagal membuat tape jadi manis. Jadi perlu kejelian saat mengolah ketannya, beras harus benar- benar dicuci bersih, saat proses fermentasi pun wadah yang digunakan tidak boleh sembarangan. 1 butir ragi biasanya digunakan untuk 1 liter beras. Dan saat memasak berasnya jangan terlalu lama rentang waktu mencampuran raginya.

    Doc: resepdanmakanan
    Doc: resepdanmakanan

10. Barongko

  • Pisang dihaluskan lalu dicampur dengan santan, telur, gula dan beberapa bahan kue. Konon jika barongkonya ingin terasa enak, takarannya 2 buah pisang untuk 1 butir telur. Lalu santannya gunakan yang kental. Gula yang digunakan bisa gula pasir atau gula merah. Beberapa orang juga kerap mencampurnya dengan sagu mutiara ataupun potongan buah nangka. Barongko ini juga lebih nikmat disantap dalam keadaan dingin. Bahkan jika dibekukan bisa jadi es kue.

Doc: sajiansedap
Doc: sajiansedap

11. Bulu Peca'

  • Kue ini menyerupai gabus. Bahannya dari telur kocok dicampur sedikit tepung lalu dikukus. Setelah dikukus dan dingin, kue disiram dengan gula merah.

Doc: resepkue
Doc: resepkue

12. Sanggara' Balanda

  • Olahan pisang raja yang digoreng, lalu ditambahkan isian kacang sangrai, mentega, dan gula. Bisa dinikmati tanpa kuah atau dengan kuah dari lelehan gula merah dicampur mentega. Dari proses pengolahannya, kuliner ini kadar gulanya tinggi. Jadi sebaiknya tidak dikonsumsi dalam porsi banyak. Kenikmatannya memang bikin ketagihan tapi mengkhawatirkan bagi kesehatan.

    Doc: cookpad
    Doc: cookpad

13. Kacipo'

  • Mirip kelereng goreng terbuat dari tepung beras yang dibentuk bulat kecil dibalur wijen lalu digoreng sampai garing.

Doc: wahyuti4tklarasati
Doc: wahyuti4tklarasati


Itu sebagian kuliner orang bugis yang kerap dijumpai di hari lebaran, kerap dirindukan bagi anak rantau, kerap dicari saat rindu bergejolak akan kampung halaman.

Kekayaan kuliner Indonesia yang patut dilestarikan.