Mohon tunggu...
ulistrobery7
ulistrobery7 Mohon Tunggu...

Tak pandai beretorika hanya gemar bercerita

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Berburu Kuliner Lebaran di Tanah Bugis

3 September 2017   03:05 Diperbarui: 3 September 2017   04:28 5575 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berburu Kuliner Lebaran di Tanah Bugis
Doc:holobis.net

Dua hal menarik yang selalu dinanti saat lebaran tiba. Berkumpul dengan keluarga dan menikmati hidangan khas lebaran. Di tanah bugis khususnya di daerah Kabupaten Wajo, ada banyak menu khas lebaran yang bisa dinikmati.

1. Coto Makassar

  • Olahan daging yang satu ini sudah jadi primadona orang Sulawesi. Daging direbus dengan rempah lalu disantap dengan kuah kental. Kuahnya sendiri berasal dari air rebusan beras yang dicampur dengan serbuk kacang tanah. Coto paling nikmat disantap dengan ketupat atau buras, bawang goreng, serta sambal tauco.

Doc: Isna Sutanto
Doc: Isna Sutanto
2. Sop Konro & Konro Bakar
  • Olahan daging iga khas Makassar yang dimasak dengan berbagai macam rempah seperti pala, cengkeh, dan merica. Ada dua pilihan olahan konro ini, yakni konro berkuah dan konro bakar. Dua- duanya enak dan menyehatkan. Konro kuahnya hitam mirip rawon, warna hitamnya sendiri berasal dari kluwak. Sedangkan konro bakar biasanya diolesi sambel atau bumbu kacang saat dipanggang.

Doc: resepharian
Doc: resepharian
Konro Bakar. Doc: Qraved
Konro Bakar. Doc: Qraved
3. Sop Saudara
  • Hidangan yang satu ini paling nikmat disantap dengan ikan bandeng bakar dan perkedel kentang. Kuahnya sendiri tidak sekental kuah konro ataupun coto. Kuah beningnya hanya diberi sedikit rempah dan ditambahkan bihun. Selain daging, dalam kuah sop saudara juga wajib ditambahkan paru goreng.

Doc: Hesty Kitchen
Doc: Hesty Kitchen
Doc: kelanakecil
Doc: kelanakecil
4. Toppa Lada
  • Mirip- mirip rendang hanya saja sedikit berair dan rasa karinya lebih terasa. Selain lebaran, hidangan Toppa Lada juga kerap dijumpai di acara nikahan ataupun aqiqahan orang bugis. Biasanya ditambahkan potogan kentang sebagai penetralisir kentalnya kuah santan.

Doc: cookpad
Doc: cookpad

5. Pallu Basa
  • Sekilas seperti coto tapi kuah pallu basa ini menggunakan kelapa parut yang sudah disangrai dengan tambahan asam dan gula merah. Pallu basa tidak menggunakan daun bawang ataupun bawang goreng sebagai penambah citarasa seperti coto. Lebih cocok dimakan dengan nasi hangat. Kuahnya yang panas bisa ditambahkan telur mentah agar lebih kental.

Doc: flickr
Doc: flickr
6. Nasu Likku

Olahan ayam dimasak kering dengan menggunakan bumbu lengkuas. Enak disantap dengan burasa atau pun tumbu’.

Doc: callangku
Doc: callangku
7. Palekko

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x